Selama Lebaran, Konsumsi Avtur Naik 120 Persen

Mobil tangki pengangkut avtur
Armada mobil tangki pengangkut avtur akan mengisi BBM ke pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur selama masa Lebaran, mengalami kenaikan cukup tajam di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Konsumsi tertinggi terjadi pada H-5 Lebaran, dan saat arus balik tercatat kenaikan konsumsi Avtur sebesar 48 persen pada H+5.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan konsumsi Avtur terbesar di wilayah Jateng-DIY, terjadi di Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo. Hal itu disampaikan melalui siaran pers secara daring, Selasa (16/4).

Menurut Brasto, untuk konsumsi BBM jenis Gasoline tertinggi terjadi pada H-1 Lebaran sebesar 21.533 Kilo Liter (KL) per hari.

Angka konsumsi tersebut lebih tinggi sekira +68 persen, dari rerata konsumsi normal harian di Jateng-DIY sebesar 12.824 KL per hari.

“Untuk konsumsi saat puncak arus balik, angka konsumsi BBM jenis Gasoline tidak lebih tinggi dari saat arus mudik. Yaitu di angka 18.955 KL per hari yang terjadi pada H+3 Lebaran dengan kenaikan sekitar +48 persen dari rerata konsumsi normal harian,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran layanan tambahan pengisian BBM di ruas tol menggunakan motoris sebanyak 52 konsumen.

“Delapan dari 52 konsumen yang memanfaatkan layanan motoris kami berada di titik jalur wisata, sisanya didominasi dari rest area sekitar tol Trans Jawa yang didominasi pembelian Pertamax di Rest Area KM 456A Salatiga,” pungkasnya. (Bud)