Musim Haji, Penyaluran Avtur Bisa Capai 700 Persen Dibanding Normal

Mobil tangki avtur
Mobil tangki mengisi avtur ke pesawat di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menyiapkan pasokan bahan bakar Avtur, guna melayani penerbangan ibadah haji melalui Bandara Adi Soemarmo.

Tahun ini, Embarkasi Bandara Adi Sumarmo melayani 100 kelompok terbang (kloter) untuk wilayah Jawa Tengah.

Aviation Fuel Terminal Manager Adi Sumarmo, Markani stok Avtur yang tersedia di Adi Soemarmo, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama musim haji 2024. Pernyataan itu disampaikan saat ditemui di AFT Adi Sumarmo, Minggu (12/5).

Menurutnya, stok Avtur saat ini di Adi Soemarmo mampu memenuhi kebutuhan hingga 18,78 hari ke depan selama periode penerbangan hajj tahun ini.

“Embarkasi Adi Sumarmo akan memberangkatkan 100 kloter haji. Jadi, menghadapi hal itu kami dari Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Adi Sumarmo yang melayani pengisian Avtur untuk pesawat haji telah mempersiapkan sarpras yang kami miliki untuk pelayanan penerbangan haji tersebut. Kami sudah menyiapkan lima unit reguler, dan kami juga menyiapkan storage dengan total 900 KL,” kata Markani.

Lebih lanjut Markani menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan stok Avtur di Adi Sumarmo bekerja sama dengan Fuel Terminal Rewulu.

Termasuk, berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dari Garuda Indonesia sebagai sarana angkutan ibadah haji.

“Prediksi kami untuk pelayanan ibadah haji, penyaluran Avtur per harinya bisa mencapai titik tertinggi sampai 700 persen dibanding penyaluran harian normal,” jelasnya.

Terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menyatakan, fase penerbangan haji terbagi menjadi dua.

Yakni fase pertama pada 12 Mei-9 Juni 2024, dan fase kedua pada 21 Juni-20 Juli 2024.

Brasto menjelaskan, untuk periode musim haji tahun ini konsumsi Avtur harian di Adi Soemarmo diprediksi naik dari 40 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 302 KL per hari.

“Estimasi penyaluran Avtur pada fase pertama sebanyak kurang lebih 4.300 KL, sedangkan untuk fase kedua dengan estimasi sebanyak kurang lebih 7.720 KL,” ujar Brasto.

Menurutnya, Pertamina menyiapkan pasokan Avtur untuk penerbangan haji di tahun ini hingga 12 ribu KL untuk 100 kloter Embarkasi Solo.

Jumlah tersebut naik hingga 27 persen dari konsumsi avtur 9.394 KL, dibanding periode musim haji 2023.

Hal tersebut menyesuaikan dengan penambahan jumlah kloter, dari 99 kloter di 2023 menjadi 100 kloter pada tahun ini. (Bud)