32 Ribu Calhaj Asal Jateng Bakal Berangkat ke Tanah Suci Lewat Adi Sumarmo

Semarang, Idola 92,6 FM-Tahun ini jumlah calon jamaah haji (calhaj) asal Jawa Tengah yang diberangkatkan sebanyak 32.059 orang, dan terbagi dalam 100 kelompok terbang (kloter).

Calhaj asal Temanggung menjadi yang pertama diberangkatkan ke Arab Saudi, sedangkan kloter terakhir calhaj asal Wonogiri berangkat pada 10 Juni 2024 mendatang.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan dari 32 ribu lebih calhaj yang akan diberangkatkan itu, terbagi dalam 100 kloter dan dalam sehari diberangkatkan tiga sampai empat kloter. Pernyataan itu disampaikan usai melepas keberangkatan 352 orang kloter pertama Embarkasi Solo di Gedung Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu (12/5).

Nana menjelaskan, yang membedakan pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah adanya fasilitas fast track dari Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

Bahkan, Embarkasi Solo kali pertama mendapatkan fasilitas fast track tersebut berupa preclearance atau pemeriksaan dokumen jamaah haji dari Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

Menurut Nana, fasilitas tersebut sebelumnya hanya dilakukan di Bandara Soekarno Hatta.

“Ini adalah suatu pelayanan dan kemudahan yang diberikan kepada para jamaah haji. Kita harapkan tentunya ke depan pelaksanaan ibadah haji akan semakin baik,” kata Nana.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jateng Mustain Ahmad menambahkan, keberadaan fasilitas fast track dapat menghemat waktu jamaah dalam proses perjalananan ibadah haji.

“Dengan demikian, Insya Allah jamaah haji kita begitu landing di Arab Saudi, baik landing di Madinah maupun Jeddah tidak perlu melakukan pemeriksaan imigrasi. Jamaah bisa langsung menuju ke hotel masing-masing,” ucap Mustain. (Bud)

Artikel sebelumnyaMusim Haji, Penyaluran Avtur Bisa Capai 700 Persen Dibanding Normal
Artikel selanjutnyaIswar Aminuddin Daftar Calon Walikota Lewat Golkar Kota Semarang