Sang Pemulia Anggrek asal Kota Batu, Prof Lita Soetopo

Prof Ir Lita Soetopo
Prof Ir Lita Soetopo, PhD, pemulia anggrek asal Kota Batu, Jawa Timur, bersama suami Soerjanto Notodirdjo di Soerjanto Orchids Kota Batu. (photo dok Lita)

Semarang, Idola 92.6 FM – Sehari-sehari sambil mengajar di Universitas Brawijaya Malang, sosok ibu satu ini bersama sang suami Soerjanto Notodirdjo mengakrabi tanaman anggrek. Ia sejak puluhan tahun lalu, tergerak memuliakan anggrek.

Sosok itu adalah Prof Ir Lita Soetopo, PhD. Ia menyebar kebahagiaan dengan anggrek-anggrek indah yang dihasilkan. Jika Anda ingin melihat kegiatan pemuliaan anggrek, bisa langsung melihatnya di Soerjanto Orchids Kota Batu.

Anggrek Cattleya
Anggrek Cattleya asal dari Amerika Selatan merupakan anggrek unggulan di Soerjanto Orchid Kota Batu. (photo dok Lita)

Menurut Lita, di Indonesia, teknologi dan SDM pemulia anggrek masih kalah dari negara-negara tetangga. Di sana, mereka sudah memiliki bank gen anggrek sehingga mereka bisa dengan mudah menyilangkan anggrek sesuai keinginan.

Lita juga bercerita pecinta anggrek di tanah air umumnya setia pada tanaman anggrek. Mereka tetap bertahan mencintai anggrek dan tak seperti kecintaan pada bunga secara musiman.

Selengkapnya, mengenai jenis-jenis anggrek dan aktivitas pemuliaan anggrek di Soerjanto Orchids Kota Batu, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Prof Ir Lita Soetopo, PhD, pemulia anggrek asal Kota Batu Jawa Timur. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMenempuh Jalan Terjal Pemulihan Ekonomi
Artikel selanjutnyaBandara Ahmad Yani Layani 18 Ribu Penumpang Saat Libur Paskah

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini