Sejuta Cangkir Kopi Disiapkan di Festival Kopi Magelang

Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo saat ditawari kopi Magelang di kompleks Candi Borobudur.

Semarang, Idola 92,6 FM – Festival Kopi Magelang bakal digelar kembali, pada 2 Oktober 2021 mendatang. Direncanakan, sebanyak sejuta cangkir kopi akan dibagikan secara gratis.

Ketua panitia kegiatan Muhammad Arif Setiawan mengatakan Festival Kopi Magelang digelar, dalam rangka memeringati Hari Kopi Internasional dan akan dilakukan di kompleks Candi Borobudur. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di acara vaksinasi masal pedagang di kawasan Candi Borobudur, Minggu (26/9).

Arif menjelaskan, sejuta cangkir kopi yang akan dibagikan di acara Festival Kopi Magelang itu merupakan hasil panen dari kebun petani setempat. Harapannya, petani kopi di Magelang bisa terbantu kesejahteraannya.

Menurut Arif, kopi dengan Magelang tidak bisa dipisahkan dan kopi merupakan salah satu penyangga ekonomi masyarakat sekitar.

“Kopi di Magelang itu banyak banget. Kalau kita data itu, lima gunung semuanya punya kopi. Hasilnya bisa 500 ton lebih per tahun. Harapannya kopi bisa menjadi pendamping pariwisata, dan jadi oleh-oleh untuk orang yang datang ke sini. Identitasnya Magelang kopi. Sebenarnya sejarahnya Magelang itu tidak jauh dari kopi, mas. Dulu Magelang dibentuk pembangunannya itu dari hasil kopi. Itu ada arsipnya dan kita punya,” kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, Festival Kopi Magelang ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Magelang. Sebab, selama ini masyarakat luar Magelang hanya tahu Candi Borobudur tetapi tidak mengetahui potensi lain. Salah satunya adalah produk kopi.

“Nanti dalam acara festival itu, akan kami angkat cerita-cerita masa lampau tentang sejarah kopi kepada wisatawan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Bangun Rumah Tahan Gempa di Cilacap
Artikel selanjutnyaSambut Wisatawan, Pedagang Borobudur Divaksin

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini