Desa-desa di Pekalongan Butuh Relawan Psikolog

Ganjar
Gubernur Ganjar Pranowo saat berdialog dengan sejumlah ibu-ibu di sela kunjungan kerjanya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Perwakilan kelompok perempuan di Kabupaten Pekalongan meminta kepada Pemprov Jateng, agar di setiap desa disediakan relawan psikolog. Utamanya, dalam membantu orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Salah satu perwakilan perempuan di Kabupaten Pekalongan, Ika Nela Setiani saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo meminta agar di setiap desa tersedia relawan psikolog. Sebab, banyak persoalan yang dihadapi para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Pernyataan itu dikatakan saat ada kegiatan musrenbang di Kabupaten Pekalongan, baru-baru ini.

Menurutnya, penanganan anak-anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Pekalongan belum tertangani secara maksimal.

Ika menjelaskan, selain kebutuhan relawan psikolog juga belum tersedianya klinik kembang anak di wilayah Kabupaten Pekalongan. Sehingga, perlu ada perhatian dari pemprov dalam penanganan anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Pekalongan.

“Ada relawan masuk ke puskesmas untuk psikolog, itu sudah kebahagiaan yang luar biasa buat kami. Pada saat nanti memang RSUD disiapkan psikolog juga keren, dan semoga bisa terkawal dan betul-betul bisa diwujudkan segera. Karena itu prioritas yang tidak boleh kita abaikan juga,” kata Ika.

Lebih lanjut Ika yang bergerak di organisasi anak berkebutuhan khusus menjelaskan, banyak anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Pekalongan belum mendapatkan haknya. Terutama, yang tinggal di wilayah perdesaan terpencil dan sulit mengakses kesehatan ke ibukota karena persoalan jarak dan minimnya transportasi.

“Terima kasih tadi langsung direspon bapak gubernur, dan tidak menyangka kalau responnya langsung cepat gitu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaRSUD Margono Soekarjo Jadi Rujukan RS Lain Dalam Inovasi Pelayanan Berbasis Aplikasi
Artikel selanjutnyaMengenal “Petani Muda Keren Gobleg” Buleleng Bali bersama Gede Suardita