Jateng Punya Potensi Jadi Sentra Industri Otomotif

GIIAS The Series 2022 di MCC Semarang
Sejumlah pengunjung memadati arena GIIAS The Series 2022 di MCC Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 di Kota Semarang resmi dibuka pada Rabu (23/11) di Marina Convention Center (MCC). Pameran GIIAS di Semarang akan berlangsung selama lima hari, hingga 27 November 2022 nanti.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan Semarang menjadi kota terakhir yang disinggahi ajang GIIAS The Series 2022, setelah deretan kota-kota besar di Indonesia.

Yohannes menjelaskan, ada alasan tersendiri menjadikan Semarang sebagai persinggahan terakhir dari rangkaian GIIAS The Series 2022. Yakni, potensi industri otomotif di Jawa Tengah berkembang cukup pesat.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir ini Jateng selalu muncul empat besar sebagai daerah dengan potensi penjualan otomotif terbesar di Tanah Air.

“Industri otomotif di Jawa Tengah memiliki potensi berkembang yang cukup pesat. Distribusi kendaraan bermotor di Jawa Tengah pada tahun kemarin mencapai delapan persen dari distribusi secara nasional. Jawa Tengah berada di posisi keempat dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2018-2021.

Lebih lanjut Yohannes menjelaskan, total pasar otomotif di dalam negeri mencapai 1,1 juta unit dan untuk wilayah Jateng menyumbang angka 100 ribu sampai 110 ribu kendaraan per tahunnya.

Sementara itu Sekda Jateng Sumarno yang membuka ajang GIIAS The Series 2022 menyambut baik, atas terselenggaranya pameran otomoti di Semarang.

Selain itu, gelaran GIIAS The Series 2022 juga bisa mendorong upaya pemerintah meningkatkan perekonomian di dalam negeri.

“Event GIIAS ini juga dapat menjadi faktor penggerak ekonomi nasional dan daerah,” ucap Sumarno.

Diketahui, Semarang menjadi kota penutup rangkaian kegiatan GIIAS The Series 2022.

Pada penyelenggaraan GIIAS The Series 2022 di Semarang menghadirkan teknologi dan produk dari sembilan merek kendaraan penumpang.

Selain itu, ada juga enam merek motor yang ikut memamerkan produknya. (Bud)

Artikel sebelumnyaHadapi Resesi Global, Swiss dan Jateng Jalin Kerja Sama Berbagai Sektor
Artikel selanjutnyaDPMPTSP  Provinsi Jawa Tengah  luncurkan Lakon-e Pandu
Wartawan senior Radio Idola Semarang.