Leni Haini, Mantan Atlet Dayung Nasional dan Peraih Kalpataru 2022 dari Jambi

Leni Haini
Leni Haini mantan atlet dayung nasional kelahiran Jambi meraih penghargaan Kalpataru 2022 kategori perintis lingkungan. (Photo dok Leni)

Jambi, Idola 92.6 FM – Setelah tak lagi menjadi atlet nasional yang mengharumkan nama bangsa, ia tak tinggal diam. Setelah sebelumnya, mengabdikan diri pada dunia olahraga, kini ia mengabdikan tenaga untuk lingkungan hidup.

Sosok itu adalah Leni Haini (45), mantan atlet dayung nasional kelahiran Jambi. Setiap hari Leni dibantu anak-anak didiknya mengarungi Danau Sipin untuk mengambil eceng gondok, juga sampah plastik, popok sekali pakai dan sejenisnya yang dibawa aliran sungai dari kawasan kota.

Leni Haini
Leni Haini bersama penghargaan Kalpataru 2022. Ia mulai menyelamatkan ekosistem danau Sipin Jambi seluas 120 hektar dari sampah dan eceng gondok sejak tahun 2010, usai pensiun menjadi atlet dayung nasional.(Photo dok Leni)

“2010 saya balik ke Jambi, mau latihan dayung, ternyata danau penuh sampah, tidak bisa dipakai latihan,” tutur Leni mengawali perbincangan dengan radio Idola, pagi (05/09) tadi.

Sejak itulah, Leni yang telah meraih banyak prestasi dalam ajang olahraga dayung baik tingkat nasional ataupun internasional tergerak. Selama 7 tahun, ia dan tim didukung olah Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, tak lelah mengambil sampah pakai perahu.

Leni Haini
Kegiatan Leni dan tim saat bersih-bersih danau Sipin Jambi. (Photo dok Leni)

”Sampai akhirnya kita buka bank sampah habibah. Residunya kita buang ke TPS yang besar,” tambah Leni.

“Dulu mau nyebrang di danau saja susah. Sekarang akan diselenggarakan lomba dayung pada 25 September mendatang,” kata Leni.

Leni Haini
Meski belum bisa bersih total dari eceng gondok, tapi eceng gondok di sebagian wilayah danau Sipin berhasil dibersihkan. Kini danau Sipin kembali bisa digunakan untuk latihan dayung. (Photo dok Leni)

Atas kepedulian dan kerja kerasnya untuk merawat lingkungan, Leni berhak mendapat penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kategori perintis lingkungan.

Lalu, apa arti penghargaan Kalpataru bagi Leni? Dan sampai kapan Leni akan melakukan ini? Merawat lingkungan agar danau tetap bisa dinikmati oleh anak cucu.

Leni Haini
Tetap semangat bersih-bersih danau Sipin dari sampah dan eceng gondok walau alat terbatas. (Photo dok Leni)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Leni Haini, mantan atlet dayung nasional yang juga pegiat lingkungan di Jambi dan peraih Kalpataru 2022. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaTabungan BTN Bisnis Dukung UMKM Naik Kelas
Artikel selanjutnyaHaruskah Pensiun Anggota Parlemen Ditiadakan?