Lewat Aplikasi Binmarcipka Masyarakat Bisa Pantau Infrastruktur di Jateng

Hanung Triyono
Hanung Triyono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah membuat satu aplikasi, yang berisi 13 layanan publik untuk bisa diakses masyarakat dalam memantau pembangunan infrastruktur. Bahkan, bisa mengetahui harga pasaran tentang produk material di setiap daerah di Jateng.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Jateng Hanung Triyono mengatakan pihaknya berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, agar mengetahui perkembangan kebinamargaan maupun keciptakaryaan di provinsi ini dalam satu genggaman. Yakni melalui aplikasi Klik Binmarcipka. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Hamung menjelaskan, dalam aplikasi tersebut tidak hanya mengetahui soal infrastruktur jalan saja tetapi juga tentang keciptakaryaan semisal sanitasi dan air minum. Bahkan, masyarakat juga bisa memberikan atau menyampaikan aduan mengenai kebinamargaan dan keciptakaryaan secara terintegrasi.

Menurutnya, beberapa aplikasi yang masuk di Klik Binmarcipka itu di antaranya adalah aplikasi Jalan Cantik dan Simanis Cika atau Sistem Informasi Air Minum dan Santitasi di Jateng.

“Mereka bisa melihat apa sih yang ada di Jawa Tengah tentang kebinamargaan dan keciptakaryaan. Itu mengumpulkan beberapa aplikasi yang sudah ada, nanti masyarakat bisa memberikan keluhan atau memberi informasi tentang kondisi jalan. Ada juga bagaimana masyarakat bisa menikmati fasilitas kami tentang sewa alat dan laboratorium. Masyarakat juga bisa melihat kondisi harga pasar bahan bangunan se-Jawa Tengah,” kata Hanung.

Hanung Triyono, Kepala DPU, Binmarcipka Jateng:

Lebih lanjut Hanung berharap, masyarakat tidak harus kesusahan mencari informasi tentang jalan di daerahnya masing-masing. Dengan satu aplikasi yang ada tersebut,masyarakat bisa melihat atau memantau pekerjaan.

“Masyarakat bisa melihat kinerja kita. Jadi di era keterbukaan ini diharapkan masyarakat bisa membawa feed back tentang kita,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaInfrastruktur Memadai Mendukung Investasi di Jateng
Artikel selanjutnyaPGN Realisasikan Infrastruktur Gas Bumi Non Pipa