Mengenal Adi Sucipto, Pejuang Lingkungan di Pesisir Kertomulyo Pati

Adi Sucipto
Adi Sucipto Pejuang Lingkungan di Pesisir Kertomulyo Kabupaten Pati Jawa Tengah. (Photo/pejuangiklim)

Pati, Idola 92.6 FM – Atas keprihatinannya melihat kondisi pesisir di Pati, Adi Sucipto tergerak untuk menanam mangrove di pesisir Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Sejak 2014, Adi Sucipto yang akrab dipanggil Cip bersama 9 pemuda setempat sepakat menghijaukan pesisir Kertomulyo dengan menanam mangrove. Mereka lantas membentuk organisasi Peduli Pantai Utara Pati atau PPUP. Cip didapuk sebagai ketua.

“Waktu itu terkumpul 30 orang,”tutur Cip kepada radio Idola, pagi (29/07) tadi. Meski diolok oleh warga, Cip dan 30 orang lainnya tersebut tetap menanam mangrove. Baginya, menaman mangrove yang menghasilkan oksigen, menjaga biota laut, dan menahan abrasi adalah sebuah ibadah.

Penanaman mangrove
Penanaman mangrove di Pesisir Kertomulyo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Atas kerja keras tim, kini sudah terhampar 24 hektar tanaman mangrove dan bisa dikunjungi wisatawan. (Photo/pejuangiklim)

Kini mangrove sudah terhampar di pesisir Kertomulyo. Dari seluas hanya 1 hektar sekarang menjadi 24 hektar. Wisatawan terus mengalir, mengunjungi lahan mangrove. Bahkan tahun kemarin, Pantai Kertomulyo menyabet juara I lomba perencanaan daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah dan masuk 10 besar di tingkat nasional.

Lalu puaskah Cip dan teman-temannya dengan hasil ini?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Adi Sucipto, Pejuang Lingkungan di Pesisir Kertomulyo Pati Jawa Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBerawal Dari Iseng, Kini Aan Raup Cuan Lewat Kerajinan Artifisial
Artikel selanjutnyaPGN Kembangkan Jargas Dengan Sasaran 5 Ribu Sambungan Rumah