Mengenal David Hidayat, Pegiat Lingkungan dari Sumatera Barat dan peraih SATU Indonesia Award 2022

David Hidayat
David Hidayat Pegiat lingkungan/Inisiator ANDESPIN Dee West Sumatera. (Photo dok David)

Sumbar, Idola 92.6 FM – Kerusakan wilayah pesisir di Nagari Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat menggerakan sosok anak muda satu ini. Ia tak ingin rusaknya pesisir ke depan juga akan memicu kehilangan banyak potensi alam daerah itu.

Sosok anak muda itu adalah David Hidayat, pegiat lingkungan yang juga inisiator ANDESPIN Dee West Sumatera. ANDESPIN merupakan akronim dari Anak Desa Sungai Pinang.

Kegiatan ANDESPIN Dee West Sumatera
Kegiatan ANDESPIN Dee West Sumatera. ANDESPIN akronim dari Anak Desa Sungai Pinang. Salah satu kegiatan ANDESPIN menanam kembali mangrove. (Photo dok David)

David menginisiasi program ‘Penjaga Laut dari Pesisir Selatan’. Program ini berangkat dari kegelisahan David akan kerusakan wilayah pesisir di Nagari Sungai Pinang Kabupaten Pesisir yang menyebabkan masyarakat kehilangan banyak potensi alam daerah itu.

Terumbu karang
ANDESPIN Dee West Sumatera mendorong warga setempat untuk menanam kembali terumbu karang, menangkar penyu dan membudidayakan rumput laut. (Photo dok David)

Program ANDESPIN Dee West Sumatra mendorong warga setempat untuk menanam kembali terumbu karang, mangrove, serta menangkar penyu dan membudidayakan rumput laut. Sejak didirikan 2014, kegiatan ANDESPIN Dee West Sumatera sudah melakukan konservasi lingkungan sekitar 70 % dari target.

Terumbu karang
Sejak didirikan 2014 kegiatan ANDESPIN Dee West Sumatera sudah melakukan konservasi lingkungan sekitar 70 % dari target. (Photo dok David)

Tak hanya itu, masyarakat setempat mulai mendapatkan manfaat dari program ini, salah satunya dapat kembali mencari kepiting bakau. Sejak 2020, David mengembangkan usaha batik dan kopi mangrove. Atas dedikasi di bidang lingkungan, David meraih SATU Indonesia Awards 2022.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama David Hidayat, pegiat lingkungan yang juga Inisiator ANDESPIN Dee West Sumatera. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKerja Sama SMK-Dunia Usaha Dorong Wujudkan SDM Unggul
Artikel selanjutnyaBagaimana Memulihkan Kepercayaan Publik pada Penyelenggaraan Pemilu?
Editor In Chief Radio Idola Semarang.