Mengenal Inkubator Unit Bisnis LPPM Universitas Negeri Semarang bersama Dr Margunani, Ketua Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES

Dr Margunani dan tim
Dr Margunani,MP Ketua Inkubator Unit Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang bersama tim mahasiswa. (Photo dok Margu)

Semarang, Idola 92.6 FM – Inkubator Unit Bisnis LPPM Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus berupaya melahirkan wirausahawan dari kalangan kampus. Dengan adanya konsep inkubator, diharapkan usaha yang dirintis mahasiswa tidak mudah mati.

Demikian disampaikan Dr Margunani, Ketua Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES, saat diwawancara radio Idola Semarang, Kamis (01/12) pagi.

Menurut Margunani, usaha tidak hanya butuh semangat tetapi juga bagaimana pengelolaannya. Sehingga dalam hal ini, inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES bertugas menginkubasi tenant (pengusaha yang diinkubasi). Mereka disiapkan agar mandiri. “Setelah mandiri, mereka dilepas untuk bersaing dengan pengusaha-pengusaha lain,” kata Margunani.

Dr Margunani dan mahasiswa
Dr Margunani,MP bersama salah satu mahasiswa yang sukses membuka usaha, setelah sebelumnya belajar di Inkubator Unit Bisnis LPPM Unnes. Photo: Pembukaan cabang baru Tenant Homie di Ngaliyan Semarang. (Photo dok Margu)

Bagi mahasiswa, menurutnya, pihaknya ada tahap pra inkubasi. Hal ini sebagai upaya mengukur apakah mereka sungguh-sungguh atau tidak. “Kami meluaskan kegiatannya, awalnya 2010 untuk mahasiswa, tapi sekarang kami kembangkan dengan koperasi (UMKM),” tutur Margunani yang berkantor di lantai 3 LPPM UNNES.

Dr Margunani
Dr Margunani,MP Ketua Inkubator Unit Bisnis LPPM Unnes yang juga sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Unnes. Menurut Margunani, tugas inkubator: menginkubasi tenant (pengusaha yang diinkubasi) untuk disiapkan agar bisa mandiri. (Photo dok Margu)

Karena di sekitar kampus ada banyak UMKM, lanjutnya, pihaknya juga mendampingi mereka agar juga bisa menjadi tenant-tenant. Selain itu, dalam dua tahun terakhir ini pihaknya juga mendampingi koperasi.

“Kami menyiapkan wirausahawan tidak hanya pada produk tapi juga di bidang jasa. Kami memberi kesempatan luas kepada masyarakat,” tuturnya.

Dr Margunani workshop
Dr Margunani,MP (depan tengah) beserta peserta worksop desain kemasan dan pemasaran LPPM Unnes 2021. (Photo dok Margu)

Selengkapnya, mengenal Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dr Margunani, Ketua Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaTransaksi Digital di 2023 Diperkirakan Meningkat
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Cianjur
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang