Mengenal Komunitas Peduli Kucing Pasar di Yogyakarta

Volunteer Komunitas Peduli Kucing Pasar
Volunteer Komunitas Peduli Kucing Pasar (PKP) Jogja memberi makan kucing pasar. Hingga kini, ada sekitar 50 pasar di Jogjakarta yang dijangkau oleh tim PKP. (Photo dok min PKP)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Peduli atas nasib kucing-kucing liar di pasar, sekelompok orang mendirikan komunitas Peduli Kucing Pasar (PKP) di DI Yogyakarta. Dulunya, kelompok ini merupakan organisasi sayap dari Animal Friends Jogja (AFJ), salah satu komunitas pencinta hewan. Kemudian pada 2016, Komunitas Peduli Kucing Pasar berdiri dan mulai bergerak di sejumlah pasar di area Yogyakarta.

Menurt Drh Andre Lisnawan salah satu pendiri komunitas PKP, awal mula masuk ke sejumlah pasar, tidak mudah. Mereka kerap menemui pedagang atau penjaga pasar yang kurang kooperatif. Perlahan-lahan, gerakan komunitas PKP mulai dikenal. Bahkan tak sedikit pedagang atau penjaga pasar yang ikut membantu informasi soal keberadaan kucing di pasarnya masing-masing.

Drh Andre Lisnawan
Drh Andre Lisnawan (baju merah) Salah Satu Pendiri Komunitas Peduli Kucing Pasar Jogja. (Photo dok min PKP)

“Kita edukasi pelan-pelan, gak mungkin kita melepaskan pasar steril dari kucing. Akhirnya mereka menerima. Ada yang tadinya gak suka jadi suka, gak peduli jadi peduli,”tutur Andre kepada radio Idola, pagi (01/08) tadi.

Tim Komunitas Peduli Kucing Pasar
Tim Komunitas Peduli Kucing Pasar (PKP) Jogja memberi edukasi kepada anak-anak agar mereka lebih peduli terhadap kucing. (Photo dok min PKP)

Saat ini komunitas PKP Jojga, sudah merambah di 50 pasar tradisional yang tersebar di Yogyakarta. Para relawan tidak hanya memberi makan, namun juga mendata.”Dari 50 pasar itu, kira-kira ada 500 kucing yang kami tangani,”tambah Andre.

Program sterilisasi kucing pasar
Program sterilisasi kucing pasar bertujuan untuk kontrol populasi, rutin dilakukan oleh drh Andre Lisnawan dan dokter lainnya yang terlibat dalam Komunitas Peduli Kucing Pasar. (Photo dok min PKP)

Lalu apa yang memotivasi drh Andre dan tim untuk terus peduli terhadap keberadaan kucing pasar ini? Apa tantangannya?

Selengkapnya, mengenal komunitas Peduli Kucing Pasar di Yogyakarta, berikut ini wawancara radio Idola bersama drh Andre Lisnawan, salah satu pendiri komunitas PKP. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPGN Kembangkan Jargas Dengan Sasaran 5 Ribu Sambungan Rumah
Artikel selanjutnyaApa Kabar KPK? Bisakah Kita Mengandalkan KPK agar Negara Tidak Mengalami Kebangkrutan seperti Sri Lanka?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang