Mengenal Musadat, Pejuang Lingkungan dan Peneliti Spesies dari Jambi

Musadat
Musadat, pejuang lingkungan/peneliti lokal di hutan Harapan. (Photo dok Musadat)

Jambi, Idola 92.6 FM – Dengan motivasi mendorong agar orang lain turut peduli untuk menjaga alam, lelaki ini keluar masuk di Hutan Harapan yang terletak di perbatasan Jambi dan Sumatera Selatan. Ia mengidentifikasi beragam spesies di hutan.

Sosok itu adalah Musadat, pejuang lingkungan dan peneliti lokal di hutan Harapan. Musadat mampu mengidentifikasi beragam spesies serta nama-nama ilmiah dengan lengkap hingga perilaku dan ancaman yang menyertai spesies tersebut.

Musadat dan Tim
Musadat dan tim saat sedang di hutan Harapan. (Photo dok Musadat)

Berdasarkan data penelitian, indikator sebuah lingkungan hutan yang baik ditandai dengan keberadaan berbagai macam spesies seperti ikan, serangga, dan amfibi. Hingga saat ini Musadat telah mencatat sebanyak 72 spesies capung dan 20 spesies ikan baru di Hutan Harapan.

Seiring berjalannya waktu, Musadat mampu mengidentifikasi beragam spesies serta nama-nama ilmiah dengan lengkap hingga perilaku dan ancaman yang menyertai spesies tersebut. Lelaki kelahiran Palembang, 15 Mei itu juga mengabadikan hasil identifikasinya melalui foto.

Hutan Harapan
Hutan Harapan yang terletak di perbatasan Jambi dan Sumatera Selatan tempat kehidupan flora dan fauna. Jika hutan punah, punah pulalah kehidupan fauna di dalamnya. (Photo dok Musadat)

Lewat fotografi makro pula, perhatiannya semakin tersedot pada ikan, serangga, dan amphibi. Setiap kali didapatkan spesies baru yang menarik perhatian, ia pun berdiam di sana untuk waktu yang lama. Ia amati capung, kupu-kupu, hingga ngengat. Ada kalanya ia berjam-jam waktu mengamati dan memotret ragam perilaku capung.

Insek yang sedang ganti kulit
Insek yang sedang ganti kulit di Hutan Harapan. (Photo dok Musadat)

Musadat yakin bahwa kehidupan di alam harus terus diungkapkan kepada dunia agar menjadi sebuah pengetahuan dan mendorong agar orang lain turut peduli untuk menjaga alam.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Musadat, pejuang lingkungan dan peneliti lokal di Hutan Harapan yang terletak di perbatasan Jambi dan Sumatera Selatan. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPolemik Peleburan Lembaga Riset di BRIN, Apa Pokok Masalah Sesungguhnya?
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Siapkan Anggaran Untuk Penghafal Kitab Suci

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini