Peringati Hari Koperasi, Dinkop UKM Jateng Fokus Pendampingan Koperasi Sektor Riil

Bima Kartika
Bima Kartika, Kabid Kelembagaan Dinkop dan UKM Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah akan memprioritaskan pendampingan dan pemberdayaan koperasi sektor riil di peringatan Hari Koperasi tahun ini. Sebelumnya, pendampingan dan pemberdayaan difokuskan pada koperasi simpan pinjam.

Kabid Kelembagaan Dinkop dan UKM Jateng Bima Kartika mengatakan pada tahun ini, tema Hari Koperasi yang diangkat adalah “Koperasi Asyik Tanpa Gimmick”. Yakni, berkoperasi menjadi asyik dan nyata untuk menaungi seluruh kepentingan dan usaha bersama masyarakat. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Senin (18/7).

Bima menjelaskan, pada peringatan Hari Koperasi tahun ini pihaknya akan menampilkan produk-produk unggulan dari koperasi sektor riil di Jateng. Termasuk, mengajak partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap koperasi melalui ajang lomba film dokumenter dan lomba tulis tentang perkoperasian. Hingga, lomba TikTok yang saat ini menjadi media sosial paling digemari.

Menurutnya, rangkaian kegiatan Hari Koperasi tahun ini digelar pada 26-28 Juli 2022.

“Jadi sekarang ini kita dari Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, fokus pada pembinaan koperasi sektor riil. Kalau beberapa waktu yang lalu, kita selalu diarahkan untuk koperasi simpan pinjam. Sekarang kita sudah mulai gantian, memprioritaskan ke koperasi sektor riil. Sehingga di dalam Harkop Hybrid Expo, kita fokus pada koperasi sektor riil. Yang kita ajak pameran adalah koperasi sektor riil,” kata Bima.

Bima Kartika, Kabid Kelembagaan Dinkop dan UKM Jateng:

Lebih lanjut Bima menjelaskan, dengan memprioritaskan pada koperasi sektor riil itu harapannya bisa mendorong potensi-potensi komoditas unggulan di kabupaten/kota yang diupayakan koperasi sektor riil.

“Kita juga siapkan business matching, di mana ada satu kerja sama terkait komoditas dari koperasi. Baik itu dengan buyer, eksportir maupun kerja sama antarkoperasi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Nabila Putri Delinda, Salah Satu Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah
Artikel selanjutnyaRelawan Banyumas Sisir ODGJ di Jalanan