Refleksi Hari Koperasi, Bagaimana Meningkatkan Daya Saing Koperasi?

Koperasi Indonesia
Ilustrasi/Alenia

Semarang, Idola 92.6 FM – Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota, dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Namun, dalam praktiknya saat ini seiring perkembangan, koperasi justru kian ditinggalkan oleh publik. Masyarakat justru lebih memilih perbankan ataupun platform peer-to peer landing yang lebih modern dan berdaya saing.

Lalu, merefleksi hari koperasi, bagaimana meningkatkan daya saing koperasi sehingga peran dan posisinya tetap relevan? Sebagai soko guru perekonomian nasional, sudahkah koperasi mampu menumbuh kembangkan potensi ekonomi rakyat serta mewujudkan kehidupan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni Pengamat koperasi sekaligus Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (Akses), Suroto. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: