Polres Demak Ingatkan Peziarah Tetap Patuh Prokes

AKBP Budi Adhy Buono
Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono memberi masker kepada salah satu pengunjung di Makam Kadilangu, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polres Demak melakukan penjagaan dan penertiban terhadap para peziarah di Makam Kadilangu untuk tetap menaati protokol kesehatan, Minggu (20/3). Menjelang Ramadan, biasanya Makam Kadilangu selalu ramai dikunjungi para peziarah.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono memerintahkan kepada seluruh anggota kepolisian di Polres Demak, untuk melakukan pemantauan dan pengawasan serta penertiban terhadap para peziarah di Makam Kadilangu. Sebab, memasuki pekan terakhir menjelang bulan puasa selalu penuh dengan para peziarah dari sejumlah daerah.

Budi menjelaskan, anggota kepolisian berjaga di luar kompleks atau dalam kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu untuk memastikan pengunjung selalu mematuhi protokol kesehatan. Yakni tetap memakai masker, dan tidak berdesak-desakan saat memasuki kawasan makam.

Menurutnya, apabila ada peziarah kedapatan tidak memakai masker diminta untuk tidak memasuki kompleks makam dan akan diberikan petugas kepolisian masker agar dipakai selalu.

“Hari ini adalah Minggu terakhir, untuk pelaksanaan ziarah sebelum masuk di bulan Ramadan. Jadi saya laporkan bahwa hari ini masyarakat baik itu dari Kabupaten Demak maupun luar Demak atau dari Provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat juga hadir di sini untuk melaksanakan ziarah. Kami datang ke sini untuk melakukan monitoring, sekaligus memberikan imbauan terkait dengan protokol kesehatan,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, Makam Kadilangu memang telah dibuka kembali untuk umum dan pengelola makam menerapkan aturan protokol kesehatan.

Sementara itu juru kunci Makam Sunan Kalijaga, Raden Edi Mursalin menambahkan bahwa jadwal ziarah dibuka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Biasanya, ramai pada setiap Jumat pasaran Pon atau Kliwon maupun Pahing.

“Peziarah yang datang berkunjung ramai pada bulan Rajab, Ruwah, Syaban hingga Syawal. Nanti Ramadan tutup satu bulan penuh,” ujar Edi. (Bud)

Artikel sebelumnyaOmbudsman Jateng Kembali Tegur Sekolah Negeri Jualan Seragam ke Siswa Baru
Artikel selanjutnyaIndonesia Jadi Tuan Rumah Presidensi G20, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini