Tren Industri Otomotif Terus Meningkat

SEMARANG, RADIO IDOLA 92,6 FM –  Industri otomotif di Indonesia mulai tumbuh ,  ditengah semakin melandainya kasus covid-19. Ditargetkan penjualan mobil hingga akhir tahun ini bisa mencapai lebih dari 900 ribu unit.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara  mengatakan, dari januari – oktober 2022 lalu penjualan mobil secara nasional telah mencapai 851 ribu unit. Jumlah itu mendekati target yang dicanangkan pada tahun ini sebesar 960 ribu unit, atau lebih tinggi dari reaslisai pada tahun 2021 yang sebesar 886 ribu unit.

“Pada pandemi 2020 lalu, penjualan turun sampai 500 ribu unit, atau hampir separuhnya dibandingkan sebelum pandemi,” ujar Kukuh di sela conference pers pameran  otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 di semarang, rabu (17/11)

Tahun depan pihaknya optimis penjualan otomotif juga masih akan mengalami pertumbuhan, kendati terdapat ancaman krisis global. Ia berharap penjualan mobil bisa kembali menembus angka satu juta unit,  seperti yang terjadi pada masa sebelum pandemi.

“kita optimis tahun depan industri otomotif juga semakin bertumbuh, apalagi pertumbuhan ekonomi dikwartal ketiga tahun  mencapai 5,7 persen,” ujar kukuh

Kukuh menambahkan, kontribusi industry otomotif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional cukup tinggi yakni sebesar 4 % lebih. Untuk itu pameran  otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 diharapkan bisa mendorong penjualan otomotif khususnya di daerah.

“Industri otomotif kontribusinya cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi, untuk itu kita ingin dorong merata di berbagai provinsi termasuk di Jawa Tengah, karena banyak proyek infrastruktur yang sudah jadi,” ujarnya

GIIAS Semarang 2022 sendiri akan hadir pada 23-27 November 2022 mendatang di Marina Convention Center (MCC). Pada penyelenggaraan perdananya, GIIAS Semarang 2022 akan menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari 9 merek kendaraan penumpang, yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Selain itu ada pula enam merek sepeda motor juga akan memamerkan produk terkininya dari 6 merek, Benelli, Keeway, Exotic Bike, Pacific E-series, Polytron, dan United E-Motor. (tim)

 

Artikel sebelumnyaBagaimana Meningkatkan Literasi Keuangan?
Artikel selanjutnyaIndosat Catat Lonjakan Trafik 5G Tertinggi selama KTT G20 Di Bali
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.