Sri Setyaningsih, Pendiri Forum Komunikasi Difabel Boyolali

Sri Setyaningsih
Sri Setyaningsih, pendiri Forum Komunikasi Difabel Boyolali.(Foto: SS)

Boyolali, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini dikenal sebagai Pencetak Disabilitas Mandiri yang mendapatkan Liputan 6 Awards 2023 kategori Ekonomi Kerakyatan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tak hanya itu, di tahun yang sama, ia dinobatkan sebagai local hero terbaik di antara sejumlah kontestan lainnya yang dibina oleh perusahaan BUMN di Indonesia dalam ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023.

Sosok itu adalah Sri Setyaningsih (41), pendiri Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB). Sri membantu para penyandang disabilitas untuk hidup secara mandiri walaupun dengan keterbatasan yang mereka punya. Ia memberdayakan penyandang disabilitas di Kabupaten Boyolali dan sekitarnya dengan melakukan beberapa kegiatan seperti menjahit, tulis, baca hitung, dan les skill.

Forum Komunikasi Difabel Boyolali
Di bawah naungan Kresna Patra, penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Difabel Boyolali berkarya. Berinovasi agar mereka mandiri dan percaya diri.(Foto: SS)

Perempuan kelahiran Boyolali itu menceritakan, ia bergerak di bidang sosial sejak 2014. Tapi lebih fokus lagi pada 2017. Bahkan ia memanfaatkan rumahnya di Desa Klewor Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali, untuk sekretariat dan tempat pelatihan FKDB. Pelatihan tak dipungut biaya.

“Gratis. Yang nginep juga dipersilahkan. paling banyak dari Kabupaten Boyolali. Ada dari Sragen, Klaten dan Yogya,”tutur Sri kepada radio Idola, pagi (26/04) tadi.

Forum Komunikasi Difabel Boyolali
Percaya diri dan mandiri. Semangat inilah yang selalu digaungkan Sri Setyaningsih, pendiri FKDB untuk anggotanya. Sejak 2021 hingga sekarang, sekitar 450 orang telah bergabung di FKDB. (Foto: SS)

Sejak 2021 hingga sekarang, sekitar 450 orang sudah mengikuti pelatihan di Kresna Patra (red, tempat latihan FKDB). Menurut Sri, targetnya tak muluk-muluk. Ia ingin, penyandang disabilitas percaya diri dan bisa mandiri.

Selengkapnya, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang bersama Sri Setyaningsih, pendiri Forum Komunikasi Difabel Boyolali. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: