Polres Boyolali Bantu Warga Terdampak Erupsi Merapi Cari Pakan Ternak

Petugas membawakan pakan
Petugas kepolisian membawakan pakan untuk ternak warga yang terdampak erupsi Merapi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polres Boyolali membantu warga terdampak erupsi Merapi, mencari pakan berupa rumput hijau untuk ternak masyarakat.

Kepolisian bekerja sama dengan personel TNI, bahu membahu memenuhi kebutuhan hijauan bagi ternak masyarakat.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Peternakan, untuk mencari rumput hijau sebagai pakan ternak warga. Hal itu dikatakan saat meninjau lokasi terdekat dengan Gunung Merapi dan terdampak abu vulkanik, belum lama ini.

Petrus menjelaskan, rumput yang didapat dari daerah tidak terdampak abu vulkanik dibawa menggunakan kendaraan milik TNI/Polri.

Tim gabungan TNI/Polri berinisiatif mencari pakan ternak, untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi binatang peliharaan warga.

Menurutnya, warga mengeluh selama erupsi Merapi tidak turun hujan sehingga mengakibatkan tanaman rumput untuk pakan ternak tertutup abu vulkanik.

Akibatnya, warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

“Nantinya kita ngambil dari daerah yang terdekat seperti Magelang. Kemarin kita ambil dari Cepogo berbatasan dengan Ampel dan dibawa pakai truk. Kita serahkan kepada warga yang membutuhkan sekali,” kata Petrus.

Lebih lanjut Petrus menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Dinas Pertanian setempat berkaitan kebutuhan pakan ternak warga.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan segera, menyiram rumput atau tanaman dengan kendaraan membawa tangki air.

“Nanti dibikin penyemprotan dari bawah atas ke bawah lagi. Seperti hujan buatan. Jadi bisa membantu warga yang bertani atau beternak,” pungkasnya. (Bud)