BEI Upayakan Pasar Modal Syariah Makin Digemari Masyarakat

Bursa Efek Indonesia

Semarang, Idola 92,6 FM – Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong masyarakat mulai mengenal produk pasar modal, salah satunya pasar modal syariah yang menawarkan sejumlah produk investasi.

Dorongan masyarakat melek produk pasar modal syariah juga diarahkan kepada kaum perempuan, agar literasi keuangan semakin meningkat.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia BEI Risa Effennita Rustam mengatakan pasar modal syariah di Indonesia terus digemari, dan literasi pasar modal syariah semakin meningkat di tengah masyarakat. Hal itu dikatakan saat ditemui di Hotel Po Semarang, kemarin.

Risa menjelaskan, BEI terus meningkatkan pertumbuhan investor di pasar modal syariah dengan menyelenggarakan IDX Islamic Challenge tahun ini.

IDX Islamic Challenge merupakan program untuk memberikan apresiasi penghargaan kepada para investor syariah yang aktif bertransaksi saham syariah melalui platform SOTS.

“Pasar Modal Syariah di Indonesia telah berhasil meraih beberapa pencapaian yang sangat membanggakan di antaranya adalah diakuinya Indonesia sebagai pasar modal syariah terbaik di dunia melalui The Best Islamic Capital Market yang diberikan kepada Bursa Efek Indonesia secara berturut-turut selama empat tahun terakhir,” kata Risa.

Lebih lanjut Risa menjelaskan, tahun ini merupakan tahun keenam diselenggarakan IDX Islamic Challenge sejak 2018 lalu.

Tercatat, nilai transaksi yang dilakukan investor syariah mengalami peningkatan hampir 600 persen dari Rp371 miliar menjadi Rp2,57 triliun di tahun sebelumnya.

“Dalam program IDX Islamic Challenge, BEI bekerja sama 13 sebagai partisipan program kegiatan. Kegiatan dilakukan April sampai Juni untuk gelombang pertama. Bulan Juli sampai September untuk gelombang kedua,” pungkasnya. (Bud)