Bulog Mulai Salurkan Bantuan Pangan

Bantuan Pangan
Bulog Kanwil Jateng mulai menyalurkan bantuan pangan beras kepada masyarakat penerima manfaat se-Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bulog Kanwil Jawa Tengah mulai menyalurkan bantuan pangan berupa beras tahap kedua, dengan volume sebanyak 52.160 kilogram.

Penyaluran bantuan pangan berupa beras itu, diamanatkan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepala Bulog Kanwil Jateng Akhmad Kholisun mengatakan pagu bantuan pangan untuk provinsi ini sebanyak 3.399.754 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan pihaknya akan menyalurkan 2.235.378 KPM atau sejumlah 22.353.780 kilogram beras secara bertahap. Hal itu dikatakan saat dihubungi melalui sambungan telepon, kemarin.

Akhmad menjelaskan, pelaksanaan penyaluran bantuan pangan beras di Jateng dilaksanakan mulai 11 September 2023 dan serentak di beberapa kabupaten/kota di provinsi ini

Yakni di Kabupaten Demak, Rembang, Batang, Klaten, Sukoharjo dan Kota Tegal.

Menurut Akhmad, pihaknya di tahap awal menyalurkan untuk di Kecamatan Demak sejumlah 5.340 kilogram beras.

“Bantuan pangan di Jawa Tengah akan dibagikan kepada 3.575.716 penerima. Nanti akan diberikan gratis, dan ini untuk warga yang memenuhi persyaratan,” kata Akhmad.

Lebih lanjut Akhmad menjelaskan, jumlah dan jenis beras yang disalurkan kepada setiap Penerima Bantuan Pangan (PBP) sebanyak 10 kilogram per penerima per bulan.

Penyaluran bantuan pangan beras dilaksanakan selama tiga bulan, mulai September hingga November 2023.

“Melalui bantuan pangan beras di tengah kondisi situasi harga beras yang masih stabil tinggi dan cenderung terus naik ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya masyarakat yang berpendapatan rendah,” pungkasnya. (Bud)