Ini Titik Lokasi Parkir Yang Bisa Bayar Pakai QRIS

Bayar parkir menggunakan QRIS
Seorang pengemudi membayar tarif parkir menggunakan QRIS.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pembayaran dengan cara digital atau cashless money, sudah mulai merambah ke pembayaran jasa parkir di pinggir jalan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah menggandeng Pemkot Semarang dan Bank Jateng, menerapkan pembayaran uang parkir menggunakan Quick Response code Indonesian Standard (QRIS) dalam rangka Hari Perhubungan Nasional.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan ada beberapa titik lokasi parkir di Kota Semarang, yang diterapkan untuk pembayaran parkir menggunakan QRIS. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantor Dishub Kota Semarang, Selasa (26/9).

Rahmat menjelaskan titik lokasi parkir di Kota Semarang yang menerapkan pembayaran menggunakan QRIS ada di Jalan Erlangga Raya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pleburan Barat, Jalan Admodirono, Jalan Kusumawardhani, Jalan Wonosari Sendang dan Jalan Wonosari Baru.

Kemudian juga ada di Jalan Prof. Sudarto, Jalan Banyu Putih dan Jalan Sirojudin serta di Jalan Depok dan Jalan Gajah Mada.

Menurut Rahmat, untuk menggalakkan penggunaan QRIS sebagai pembayaran uang parkir juga dipromosikan pembayaran sebesar Rp52 selama 26-30 September 2023.

“Karena kalau kita lihat di Jakarta ternyata cukup besar dana yang terkumpul dari parkir. Dan itu bisa digunakan sebagai pendapatan dan meningkatkan pendapatan daerah,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, pihaknya terus mengkampanyekan penggunaan QRIS guna meminimalkan pemakaian uang kartal.

Sebab, penggunaan QRIS maupun uang elektronik menghindarkan dari peredaran uang palsu.

“Harapannya, masyarakat sudah tidak hanya mengenal tapi paham dan menggunakan QRIS,” pungkasnya. (Bud)