KAI Sebut 6 KA Terdampak Akibat Laka KA Brantas vs Truk di Madukoro

Gerbong KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar
Gerbong KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar dan truk trailer masih berada di lokasi kejadian.

Semarang, Idola 92,6 FM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan dibantu aparat Polrestabes Semarang, melakukan evakuasi terhadap KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar yang terlibat kecelakaan dengan truk di perlintasan KA Madukoro pada Selasa (18/7) malam.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan saat ini untuk KA Brantas rangkaian dan lokomotif, sudah bisa dievakuasi menggunakan kendaraan penarik atau derek.

Baik gerbong kereta maupun lokomotif yang berada di atas jembatan Banjir Kanal Barat, sudah berhasil dievakuasi.

Ixfan menjelaskan, akibat kejadian kecelakaan tersebut mengakibatkan enam jadwal KA terganggu dan mengalami keterlambatan.

Keenam KA yang jadwalnya terganggu dan mengalami keterlambatan adalah KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar yang mengalami kecelakaan dan KA Kamandaka dan KA Kaligung.

Menurut Ixfan, KA lainnya yang mengalami keterlambatan adalah KA Brantas jurusan Blitar-Jakarta dan KA Gumarang serta KA Kertajaya.

“Untuk KA Brantas yang terlibat kecelakaan rangkaiannya itu ada empat kereta eksekutif dan enam kereta ekonomi. Untuk data penumpang belum kita dapatkan, karena saat ini yang penting evakuasi dulu agar perjalanan kereta tidak terganggu semakin lama,” kata Ixfan.

Lebih lanjut Ixfan menjelaskan, malam ini pihaknya optimistis jalur barat maupun timur bisa dilakukan penormalan kembali untuk dilewati KA. (Bud)