Kapolda Sebut Puncak Arus Mudik di Jateng Sudah Terlewati

Ruas jalan tol Kota Semarang
Kendaraan pemudik memadati ruas jalan tol Kota Semarang saat dilakukan penerapan one way. (Foto ISTIMEWA)

Semarang, Idola 92,6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan arus mudik yang masuk di provinsi ini, sudah mengalami puncaknya pada Rabu (19/4) sore.

Bahkan, pemberlakukan one way nasional di jalan tol dari KM 72 Cikampek sampai KM 414 Kalikangkung mengalami kepadatan arus.

Kapolda menjelaskan, terkait kekhawatiran adanya bottle neck di Gerbang Tol Kalikangkung saat penerapan one way nasional juga sudah dilakukan antisipasi.

Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng telah diminta melaksanakan one way lokal, dari KM 414 di Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 442 di Gerbang Tol Bawen.

Menurut kapolda, hal itu dilakukan agar arus kendaraan tidak terhambat dan segera terurai saat melewati pintu tol.

“Terjadi kepadatan sampai 4.516 kendaraan per jam. Naik lebih dari dua kali lipat dari situasi normal. Normalnya, arus yang lewat di Gerbang Tol Kalikangkung hanya berkisar 1.700 kendaraan,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, jajaran kepolisian juga telah melakukan antisipasi di pintu keluar jalan tol agar tidak terjadi penumpukan atau kemacetan.

Terutama, di jalur arteri atau jalan provinsi dan kabupaten.

“Untuk ini jajaran sudah saya arahkan untuk mengurai di ruas-ruas jalan di luar tol. Alhamdulillah semua sudah terurai dan tidak terjadi penumpukan serius,” pungkasnya. (Bud)