Lewat Operasi Lilin Candi 2023, Polda Jateng Siap Amankan Nataru

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah dan jajaran, siap mengamankan pelaksanaan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) lewat Operasi Lilin Candi 2023/2204.

Jajaran kepolisian telah melakukan sejumlah pemetaan kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan Nataru 2023/2024 mendatang.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan saat libur Natal dan Tahun Baru nanti, diperkirakan akan ada 13 juta lebih pemudik masuk wilayah Jateng. Pernyataan itu disampaikan saat menggelar kegiatan di Kabupaten Magelang, kemarin.

Kapolda menjelaskan, 13 juta pemudik yang akan masuk wilayah Jateng itu diperkirakan mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, Polda Jateng akan menerjunkan 15.700 personel yang akan disebar di 279 titik pos pengamanan dan pos pelayanan serta pos terpadu guna mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut kapolda, pengamanan akan berfokus pada kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun Baru terutama kegiatan misa atau ibadah yang dilaksanakan di 3.543 gereja di seluruh Jateng.

Sistem pengamanan bersifat patroli mobiling, dan pengamanan stationer di gereja maupun tempat wisata.

“Termasuk juga obyek wisata yang menjadi destinasi masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru. Dalam pengamanan, Polri dibantu dengan TNI dan stakeholder yang lain. Peningkatan arus diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 30 Desember 2023,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas saat libur Nataru pihak Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai di masing-masing penggal jalan tol dan jalur pantura.

“Untuk tol kita siapkan tim urai di masing-masing polres. Jalur pantura juga sudah disiapkan tim dari polres masing-masing, termasuk menyiapkan jalur alternatif dan jalur selatan,” pungkasnya. (Bud)