Menengok KRI Makassar-590 Yang Akan Antarkan BBM ke Karimunjawa

Personel KRI Makassar-590
Personel KRI Makassar-590 saat melakukan apel persiapan.

Semarang, Idola 92,6 FM – KRI Makassar-590 milik TNI Angkatan Laut yang diperbantukan untuk mengantar bahan bakar minyak (BBM) ke Karimunjawa, mampu melibas ombak tinggi di perairan Laut Jawa. Ombak dengan ketinggian lebih dari tiga meter, masih bisa dilalui kapal perang buatan Korea Selatan itu.

Komandan KRI Makassar-590 Letkol Laut (P) Hadi Subandi mengatakan ada 132 personel TNI Angkatan Laut yang akan membantu Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah maupun Pemprov Jawa Tengah, untuk mengirimkan logistik maupun BBM ke Karimunjawa. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (4/1).

Hadi menjelaskan, spesifikasi dari KRI Makassar-590 mampu melibas ombak tinggi hingga empat meter karena di bagian depan kapal terdapat pemecah ombak atau bulbous bow. Dengan ketinggian ombak sampai empat meter, KRI Makassar-590 masih mampu melaluinya.

Menurutnya, KRI Makassar-590 siap mendukung kegiatan kemanusiaan dengan pengiriman BBM maupun logistik dari Semarang ke Karimunjawa.

“Kapal ini buatan Korea dengan panjang 122 meter dan lebarnya 22 lebar. Ini tipe LPD atau Landing Platform Dock. Bobot matinya ada 11 ribu ton. Kita mampu mengangkut tiga helikopter,” kata Hadi.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, KRI Makassar-590 mampu menempuh perjalanan dengan kecepatan 12 knot atau setara dengan 22,2 kilometer per jam. Sementara itu di dalam kapal tersedia 450 unit, namun saat keadaan darurat atau perang bisa mengangkut tiga batalyon atau setara seribu lebih personel.

“Pada saat ada gempa Mamuju kita juga diperbantukan ke sana, termasuk serbuan vaksinasi Covid kita juga ikut ambil bagian,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Siagakan Kapal Pengangkut BBM Berikutnya ke Karimunjawa
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Dirikan Dapur Umum dan Pos Pelayanan Bagi Korban Banjir di Semarang
Wartawan senior Radio Idola Semarang.