Mengenal Audya Amalia, Perupa Muda asal Bandung

Audya Amalia
Audya Amalia Perupa Muda asal Bandung. (Dok Audya)

Bandung, Idola 92.6 FM – Berkat ide-ide yang mengangkat tema keseharian, remaja asal Bandung ini menjadi seniman muda yang berbakat. Anak muda itu adalah Audya Amalia, lulusan Studio Patung, program studi seni rupa FSRD ITB.

Menurut Audya, dari kecil dirinya suka menggambar dua dimensi. Baru tahun 2014, dia memulai berkarya di luar dua dimensi. “Akhirnya pas kuliah ambil patung, karena materialnya tidak hanya material keras tapi soft juga,”tutur Audya kepada radio Idola, pagi (15/08) tadi.

Audya menggelorakan kehangatan keluarga lewat karya-karya seni. Bahkan lewat karya yang ia ambil dari semangat kehangatan keluarga, ia menjadi Pemenang Artjog Young Artist Award 2023 dengan medium untaian rambut.

Karya Audya Amalia
Audya menggunakan medium untaian rambut dalam pameran Artjog di Yogyakarta, 30 Juni-27 Agustus 2023. Dalam pameran ini, Audya menjadi pemenang Artjog Young Artist Award 2023. (Dok Audya)

Anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut bercerita, waktu kecil dirinya jarang berkomunikasi dengan sang ibu. Tapi ketika hendak berangkat ke sekolah, sang Ibu mengepang rambutnya. Moment inilah, yang dijadikan ajang komunikasi antara Audya dan sang Ibu.

Karya Audya menggunakan medium untaian rambut ditampilkan di pameran Artjog di Yogyakarta, 30 Juni-27 Agustus 2023. Audya menata 70 untai rambut menjadi karya seni patung yang interaktif. Beberapa untaian rambut ada yang lepas tergerai, ada yang terkepang. Ia mengajak para pemirsanya untuk mengepang rambut-rambut itu.

Audya Amalia lahir di Bandung, 27 Mei 1996. Pendidikan: Studio Patung, program studi seni rupa FSRD ITB (2014-2019) dan Progam Studi Desain Komunikasi Visual, SMK Negeri 14 Bandung (2011-2014).

Karya Audya Amalia
Pemirsa dilibatkan dalam mengepan rambut dalam pameran Artjog di Yogyakarta. (Dok Audya)

Penghargaan: Pemenang Artjog Young Artist Award 2023 (2023), Finalis Erlangga Art Award 2022, Penerbit Erlangga (2022) Museum Nasional, Jakarta (2019), dan Pemenang Bandung ContemporaryArt Award #6, ArtSociates, Lawangwangi, Bandung.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Audya Amalia, lulusan Studio Patung, program studi seni rupa FSRD ITB, dan Pemenang Artjog Young Artist Award 2023. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: