Polda Selidiki Kasus Kebakaran Puluhan Kapal di Tegal

Upaya pemadaman api dari kapal yang terbakar
Sejumlah anggota kepolisian dari Polresta Tegal itu melakukan upaya pemadaman api dari kapal yang terbakar di Pelabuhan Jongor. (Foto istimewa)

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah menurunkan tim forensik dibantu dari Polresta Tegal, untuk mengungkap penyebab dari kejadian kebakaran puluhan kapal di Pelabuhan Jongor pada Senin (14/8) malam.

Saat ini, untuk di lokasi kebakaran di Pelabuhan Jongor Tegal telah dilakukan pengamanan dari aparat kepolisian setempat.

Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan kasus kebakaran yang mengakibatkan 52 kapal hangus terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal itu, saat ini sedang dalam upaya penyelidikan dan penyidikan penyebabnya. Hal itu dikatakan saat ditemui usai apel pasukan di Jalan Pahlawan, Selasa (15/8).

Satake menjelaskan, terkait jenis maupun ukuran kapal yang terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal itu belum didapatkan data lebih lanjut.

Termasuk, berapa nilai kerugian yang dialami para pemilik kapal masih dilakukan pendataan dan penghitungan.

“Sampai tadi pagi kurang lebih ada 52 kapal yang terbakar. Untuk penyebabnya masih kita lakukan penyelidikan terkait tentang kebakaran ini. Kita sudah terjunkan Tim dari forensik untuk melakukan upaya pengungkapan kasus kebakaran kapal tersebut. Kita juga belum bisa menghitung nilai kerugiannya,” kata Satake.

Lebih lanjut Satake meminta kepada para pemilik kapal maupun pemerintah daerah setempat, untuk mengantisipasi kejadian kebakaran serupa.

Sementara itu Pemprov Jateng telah mengirimkan tim ke lapangan, untuk melakukan tindakan.

Pemprov dan Pemkot Tegal terus berkoordinasi terkait musibah tersebut.

Pemprov juga telah meminta Pemkot Tegal, untuk melakukan pendataan terkait kapal yang terbakar itu telah diasuransikan atau belum. (Bud)