Muhamad Rizky Ramdani, Pelestari Permainan Tradisional dari Ciamis

Muhamad Rizky Ramdani
Muhamad Rizky Ramdani, pendamping anak-anak mengenal permainan tradisional dan pendidikan karakter dari Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat.(Dok Rizky)

Ciamis, Idola 92.6 FM – Prihatin melihat anak masa kini yang banyak ketergantungan gadget atau smartphone sosok satu ini berpikir dan kemudian bergerak. Ia tak ingin, semakin banyak anak yang terpapar dampak buruk gadget.

Maka, pada tahun 2019 ia memulai gerakan mengenalkan permainan tradisional di tempat tinggalnya, di Ciamis Jawa Barat. Sosok itu adalah Muhamad Rizky Ramdani (20 tahun), yang selama ini dikenal sebaggai pendamping anak-anak mengakrabi permainan tradisional serta menanamkan pendidikan karakter dari Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kebersamaan
Kebersamaan. Inilah ciri khas permainan tradisional yang dikenalkan Muhamad Rizky Ramdani kepada anak-anak.(Dok Rizky)

Menurut Rizky, awalnya susah ketika mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di lingkungannya. “Awalnya sih memang susah. Awalnya door to door. Ngajakin mereka main. Tapi alhamdulillah karena mungkin konsistensi. Alhamdulillah sampai sekarang,”tutur Rizky kepada radio Idola, pagi (04/10) tadi.

Keseruan
Keseruan anak-anak bermain permainan tradisional.(Dok Rizky)

Atas inisiasinya tersebut, mahasiswa jurusan ilmu Al-qur’an dan tafsir Institut Agama Islam Darussalam Ciamis ini meraih juara 1 dalam seleksi Pemuda Pelopor bidang pendidikan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 dan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional.

Rizky juga membudayakan kepada anak-anak yang bermain di tempatnya dengan tiga pondasi yakni jaga diri, jaga teman, dan jaga lingkungan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Muhamad Rizky Ramdani, pendamping anak-anak mengenal permainan tradisional dan pendidikan karakter dari Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: