Norwegia Jajaki Kerja Sama Transisi Energi Dengan Jateng

Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin
Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin (kanan) saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Norwegia membuka kesempatan untuk menjajaki kerja sama dengan Jawa Tengah, di bidang transisi energi.

Norwegia memiliki banyak perusahaan dan teknologi, yang bisa diterapkan untuk menjajaki kerja sama di sektor transisi energi.

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin mengatakan sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan kerja sama dengan Jateng, namun khusus sektor transisi energi akan menjadi fokus perhatian. Pernyataan itu dikatakan usai bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, kemarin.

Rut menjelaskan, sebenarnya antara Norwegia dengan Jateng ada banyak potensi kerja sama yang bisa dilakukan.

Norwegia menyebut, Jateng mampu untuk memulai transisi energi dan di Norwegia ada banyak perusahaan dan teknologi yang bisa diterapkan.

Menurutnya, banyak kesempatan untuk perusahaan Norwegia bisa membantu dalam transisi energi.

Salah satu yang bisa diterapkan adalah solar di laut. Sebab, Norwegia punya banyak pengalaman tentang teknologi instalasi di laut.

“Kami berbicara tentang transisi energi ada banyaj kesempatan untuk perusahaan Norwegia disini bisa membantu ada teknologi yang sangat menarik. Contohnya solar di laut karena Norwegia punya banyak pengalaman tentang instalasi di laut,” kata Ruth.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, Jateng siap menjajaki kerja sama di bidang transisi energi dengan Norwegia.

Selain transisi energi, Jateng juga terbuka pada kerja sama di sektor perbaikan lingkungan.

“Tentu saja hari ini kita bertemu untuk menjajaki kerjasama antara Indonesia dan Norwegia khususnya yang di Jawa Tengah. Terkait dengan transisi energi solar panel dan penanaman mangrove serta perbaikan lingkungan di pantura. Kami mencoba menawarkan beberapa kerjasama yang lain,” ucap gubernur. (Bud)