Sebanyak 90 Persen Provinsi di Indonesia Belum Siap Lakukan Transisi Energi, Langkah Akselerasi Seperti Apa yang Mesti Terus Dilakukan?

Transisi Energi
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Hampir semua provinsi di Indonesia dinilai belum memiliki kesiapan yang memadai untuk melakukan transisi energi. Dari 34 provinsi di Indonesia, 32 di antaranya atau 90 persen, dinilai belum memiliki kesiapan transisi energi yang memadai.

Hal tersebut mengemuka dalam Indeks Kesiapan Transisi Energi Indonesia hasil studi terbaru dari Center of Economic and Law Studies (Celios). Studi juga mengungkap, kesiapan transisi energi masih jauh dari kemerataan antarwilayah. Sekitar 70 persen atau 24 provinsi, berstatus sedang dan 20 persen atau 7 provinsi berstatus rendah.

Menurut Direktur Eksekutif Celios, Bhima Yudhistira, pemerintah daerah mengalami kesulitan untuk mandiri energi, dikarenakan belum meratanya fasilitas pendukung dan ketrampilan tenaga kerja.

Lalu, ketika sebanyak 90 persen provinsi di Indonesia belum siap melakukan transisi energi; Lalu, langkah akselerasi seperti apa yang mesti terus dilakukan? Apa sesungguhnya problem atau hambatan yang dihadapi pemerintah daerah?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudistira Adhinegara. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: