PT Petrokimia Gresik Jelaskan Tips Bedakan Pupuk Asli dan Palsu

Intview PT Petrokimia Gresik 2
PT Petrokimia Gresik menyampaikan beberapa tips kepada para petani dan masyarakat untuk membedakan pupuk asli dan palsu. Sosialisasi dilakukan melalui radio Idola Semarang. (Foto Dok. Radio Idola Semarang)

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Petrokimia Gresik menyampaikan beberapa tips kepada para petani dan masyarakat untuk membedakan pupuk asli dan palsu. Untuk dapat mengetahui palsu atau tidaknya, bisa diketahui dengan kualitasnya.

Hal itu dikatakan Agronomis Mobil Uji Tanah PT Petrokimia Gresik, Hendro Dwi Saputro, saat talkshow di radio Idola Semarang, beberapa waktu lalu. Menurut Hendro, untuk mengetahui palsu atau tidak juga bisa diketahui dengan mengecek di web https://pestisida.id/pupuk_app/pendaftaran_anorganik.php.

“Berhasil lolosnya pupuk palsu tersebut disebabkan karena terdapat celah yang dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggungjawab. Namun jika mengetahui hal tersebut dapat dilaporkan ke KP3, Polisi, dll,” ujar Hendro.

Intview PT Petrokimia Gresik
PT Petrokimia Gresik menyampaikan beberapa tips kepada para petani dan masyarakat untuk membedakan pupuk asli dan palsu. Sosialisasi dilakukan melalui radio Idola Semarang. (Foto Dok. Radio Idola Semarang)

Ia menjelaskan secara lebih detail kepada para petani. Sebelum memutuskan untuk membeli pupuk, para petani disarakankan untuk mengecek terlebih dahulu: Nomor Izin Edar, Nama Produsen, Merk Terdaftar, Call Center, Lokasi Produksi, Formula Kandungan, SNI, NPP, dan Berat Bersih, dan Logo.

“Pupuk palsu mudah larut dalam air, warna lebih kusam, dan aroma nya lebih berbau,” terangnya.

Menurut Hendro, Pupuk produksi PT Petrokimia Gresik dapat didapatkan di kios resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pembelian dengan kuantum 50 ton dapat menghubungi petugas Agronomis Mobil Uji Tanah (MUT) terlebih dahulu untuk disampaikan ke bagian yang terkait.

Lalu, bagaimana jika petani ragu dengan kualitas pupuk PT Petrokimia Gresik? Hendro menjelaskan, produk PT Petrokimia Gresik sudah teruji keunggulan dan kualitasnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Demplot (Demonstrasi Plot) sebagai bentuk pembuktian langsung terhadap pengaplikasian produk pupuk PT Petrokimia Gresik. (ros/her)

Simak Podcast Talkshow Radio Idola bersama PT Petrokimia Gresik