Mengenal Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara bersama Nurpiah

Nurpiah
Nurpiah Ketua Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara, kemarin (20/08) mendapat penghargaan. (Dok Nurpiah)

Jakut, Idola 92.6 FM – Kepedulian sosok satu ini bersama warga serta tim terhadap lingkungan, mengantarkan mereka mendapat penghargaan sebagai Bank Sampah Terbaik Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2022 dari Gubernur DKI Jakarta. Tak hanya itu, sosok itu juga dinobatkan sebagai Ketua Bank Sampah Terbaik 2022 dari Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Sosok pegiat lingkungan itu adalah Nurpiah, Ketua Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Lewat Bank Sampah ia dan warga menyediakan fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) pada 2022. Untuk bisa bergabung orangtua murid cukup membayar dengan sampah yang senilai Rp 50 ribu per bulan.

Angkutan penjemputan sampah
Angkutan penjemputan sampah (gerobak dan motor) milik Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara. (Dok Nurpiah)

Selain Bank Sampah, Nurpiah juga mengajak warga yang punya usaha di rumah untuk meminimalisir sampah. Warga yang punya warung diajak berkontribusi.”Ada warung lestari, ada 16 warung. Warung yang ramah lingkungan, kita kasih sedotan yang ramah lingkungan,”tutur Nurpiah kepada radio Idola, pagi (21/08) tadi.

Bank Sampah Kenanga 04 pada Oktober 2022 mendapat penghargaan. Penghargaan itu diberikan dari elemen kedutaan negara Jerman untuk Bank Sampah Kenanga RW 04 Semper Barat.

Warung Lestari
Warung Lestari yang ramah lingkungan binaan Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara mendapat kunjungan tamu dari luar negeri. (Dok Nurpiah)

Bank Sampah Kenanga 04 didirikan sejak tahun 2007. Sempat mati suri karena partisipasi warga minim. Ketika pandemi Covid-19 bergejolak pada 2020-2021, aktivitasnya benar-benar terhenti. Sejumlah peralatan sampah organik terbengkalai dan rusak.

Berkat tangan dingin Nurpiah, bank sampah kembali hidup. Kesuksesan tersebut membuat Bank Sampah Kenanga 04 beberapa kali mendapat kunjungan dari delegasi negara lain dan akademisi yang ingin studi banding. Tak hanya itu. Pada Mei 2023, ia diundang ke Filipina oleh Phinla untuk berbagi pengalaman mengelola bank sampahnya di hadapan pelaku ekonomi sirkular dan sejumlah negara. Phinla adalah program global untuk mengembangkan mata pencarian bagi penduduk miskin melalui sistem pengelolaan sampah multisektor.

Siswa PAUD Bank Sampah
Siswa PAUD Bank Sampah membayar biaya sekolah dengan tabungan sampah. (Dok Nurpiah)

Bank Sampah Kenanga 04 merupakan salah satu Bank Sampah yang memperoleh pendampingan dari Wahana Visi Indonesia dan DCA (Divers Clean Action) sejak tahun 2020 dalam program PHINLA.

Selengkapnya, mengenal Bank Sampah Kenanga 04 Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ketua Bank Sampah Kenanga 04, Nurpiah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: