Mengenal Bank Sampah Althia Bahagia Bintaro Tangerang Selatan

Fajar Mulia
Fajar Mulia, penggerak dan Ketua Bank Sampah Althia Bahagia Bintaro Kota Tangerang Selatan.(Foto; Fajar)

Tangsel, Idola 92.6 FM – Melihat problem sampah di lingkungan tempat tinggalnya, sosok satu ini tak mau tinggal diam. Ia terjun langsung untuk mengatasi sampah di lingkungannya. Berkolaborasi dengan warga lain, kini hampir 70 persen warga di Perumahan Althia Park Bintaro Kota Tangerang Selatan sudah ikut terlibat dalam Bank Sampah Althia Bahagia Bintaro.

Sosok itu adalah Fajar Mulia, penggerak dan Ketua Bank Sampah Althia Bahagia Bintaro Kota Tangerang Selatan. Atas apa yang dilakukan tersebut, Fajar menerima penghargaan sebagai Pegiat Lingkungan tahun 2023 dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan.

Menurut Fajar, awal mula tergerak mengelola sampah karena saat olahraga, ia menemukan sampah di mana-mana. Saat itulah terbersit bagaimana sampah bisa dikelola dengan benar.

Fajar Mulia
Warga Perumahan Althia Park Bintaro Kota Tangerang Selatan langsung terlibat dalam Bank Sampah Althia Bahagia.(Foto; Fajar)

“Harus dipilah dari sumber awalnya. Mau didaur ulang sudah kotor. Makanya akhirnya, kita buat bank sampah dan kebetulan ada mentornya juga,”tutur Fajar kepada radio Idola, pagi (23/02) tadi.

Ia menyampaikan agar memudahkan operasional, maka bank sampah dimodifikasi. Tak ada istilah perorangan. Melainkan bersama. Hasil dari daur ulang sampah, masuk ke kas warga. “Akhirnya ada drop point di beberapa titik. beling kaca, plastik, kertas, logam, jadi warga tinggal menaruh sesuai jeninya,”tambah Fajar yang hobi berolahraga.

Sampah
Sampah dipilah, dikumpulkan di satu titik, sebelum disetor ke depo penampungan. Sejak tahun 2019 hingga akhir 2023, hasil penjualan sampah mencapai lebih dari Rp 40 juta.(Foto; Fajar)

Sampah yang masih punya nilai ekonomi itu mereka setorkan ketiga titik penampungan di kompleks tersebut. Setelah penuh, sampah diangkut ke depo bank sampah tak jauh dari perumahan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Fajar Mulia, penggerak dan Ketua Bank Sampah Althia Bahagia Bintaro Kota Tangerang Selatan. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: