Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI Bidang Hukum

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI Bidang Hukum
Ilustrasi/Pojok926

Semarang, Idola 92.6 FM – Sejumlah peristiwa hukum terjadi sepanjang tahun 2022 hingga pertengahan 2023 ini. Pada awal tahun 2023 ini muncul sejumlah kasus hukum yang turut melibatkan oknum anggota kepolisian. Hingga kasus polisi tembak polisi yang masih berulang.

Kasus tersebut menjadi perhatian masyarakat di tengah upaya Polri untuk mengembalikan citranya yang merosot karena kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo pada 2022 lalu. Dan, terkini, Majelis Kasasi MA memotong hukumannya dari hukuman mati menjadi penjara seumur hidup.

Selain kasus hukum yang melibatkan aparat kepolisian, kasus lain yang turut menjadi sorotan publik selama setahun ini adalah korupsi. Korupsi masih menjadi penyakit akut yang kian menggerogoti sendi-sendi kehidupan bangsa. Bahkan, penyakit korupsi kini sudah masuk ke dalam lembaga kehakiman Mahkamah Agung. Tak tanggung-tanggung mulai dari sekretaris MA hingga beberapa hakim agung-nya terjerat kasus suap.

Lalu, merefleksi 78 tahun Indonesia Merdeka di bidang hukum, apa saja catatan penting yang patut menjadi perhatian serius pemerintah selama satu tahun belakangan ini? Apa upaya ke depan yang mesti dilakukan Pemerintah sebagai upaya perbaikan?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni: Dosen Hukum Pidana dan Sekretaris Pusat Kajian Antikorupsi Fakultas  Hukum Universitas Diponegoro Semarang, Prof Pujiyono. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: