Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI Bidang Pendidikan

Refleksi 78 Tahun Kemerdekaan RI Bidang Pendidikan
Ilustrasi/Pojok926

Semarang, Idola 92.6 FM – Pembangunan “Sumber Daya Manusia Unggul” kini tengah terus ditingkatkan oleh pemerintah. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju pada tahun 2045 mendatang.

Usaha pemerintah untuk membangun SDM yang berkualitas dan berdaya saing dilakukan dengan menangani tiga persoalan besar, yakni:  penurunan angka kemiskinan, penurunan prevalensi stunting, dan revitalisasi vokasi.

Untuk mewujudkan hal itu, dunia pendidikan berperan penting untuk turut menyukseskan program prioritas peningkatan SDM ini.

Lalu, merefleksi 78 tahun Kemerdekaan RI bidang pendidikan: apa saja catatan penting yang patut menjadi perhatian serius selama satu tahun belakangan ini? Ke depan, kita akan menyongsong Indonesia Maju 2045, sudah cukup kuatkah peta jalan Pendidikan kita menuju ke sana? Dan, apa upaya ke depan yang mesti dilakukan Pemerintah sebagai upaya perbaikan, pada sisa masa kepemimpinan Pemerintah Presiden Joko Widodo?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semaranf berdiskusi dengan narasumber, yakni: Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, sekaligus pengamat kebijakan pendidikan, Prof Cecep Darmawan. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: