Akibat Banjir, 4 Gardu Masih Padam dan 384 Pelanggan Terdampak

Petugas UP3 Demak
Petugas UP3 Demak saat memberi imbauan kepada warga untuk berhati-hati dengan jaringan listrik saat banjir.

Semarang, Idola 92,6 FM-Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, membuat PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan Yogyakarta bergerak cepat, dengan mengamankan pasokan listrik di daerah terdampak.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Demak bergerak cepat, menjaga keselamatan masyarakat dari bahaya kelistrikan akibat banjir.

Manager PLN UP3 Demak Artika Hadi Wibawa mengatakan masih ada empat gardu yang padam, dengan jumlah pelanggan terdampak sebanyak 384 pelanggan. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Artika menjelaskan, pihaknya sudah menerjunkan 27 petugas untuk mengamankan dan mengawal pasokan listrik saat banjir melanda di wilayah Gubug, Grobogan.

Selain menerjunkan personel, sejumlah peralatan pendukung turut disiagakan untuk memulihkan jaringan listrik yang terdampak.

“Upaya pengamanan ini sekaligus juga untuk memastikan aset yang terkena musibah banjir tidak mengalami kerusakan yang parah sehingga bila banjir telah surut, pasokan listrik tetap aman,” kata Artika.

Lebih lanjut Artika menjelaskan, pihaknya juga berkoordinasi dengan seluruh elemen terkait dalam penanganan bencana.

“Fokus utama kami adalah mengamankan peralatan kelistrikan di lokasi banjir untuk keselamatan masyarakat dari bahaya sengatan listrik. Dalam situasi banjir, wilayah yang tergenang banjir sangat berbahaya jika aliran listrik tidak diamankan,” pungkasnya. (Bud)