Banjir di Demak Mulai Surut, Dua Tanggul Jebol Teratasi

Pj Gubernur Jawa Tengah saat meninjau tanggul yang telah teratasi di Kecamatan Karanganyar, Demak.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dua tanggul jebol yang mengakibatkan banjir bandang di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak sudah teratasi.

Selain itu, untuk mengurangi debit banjir juga telah dikerahkan 27 pompa air.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan dari hasil peninjauan yang telah dilakukan, banjir sudah mulai surut di Kecamatan Karanganyar dan dua tanggul jebol telah teratasi. Hal itu dikatakan usai melaksanakan pemantauan di lokasi banjir, kemarin.

Nana menjelaskan, saat ini banjir yang merendam rumah warga sudah mulai surut dan menyisakan genangan di permukiman warga sekira 10-50 sentimeter.

Guna mengatasi genangan di areal permukiman warga, sebanyak 27 pompa air dioperasikan.

Menurut Nana, pompa air itu berasal dari Kementerian PUPR dan BNPB, maupun BPBD.

Genangan air disedot, dan dialihkan kembali ke sungai.

“Kedua tanggul yang jebol sudah bisa ditutup. Awalnya sifatnya sementara, saat ini sedang dilakukan penguatan. Kurang lebih dua hari lagi tanggul ini sudah kuat. Dalam penanganan ini, kami dibantu dari PUPR ada sekitar 22 pompa air, kemudian ditambah lima dari BNPB dan BPBD. Kami terus melakukan langkah-langkah pemompaan air dan penyedotan air untuk dibuang ke sungai,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, saat ini sejumlah warga yang sebelumnya berada di pengungsian telah kembali ke rumah masing-masing.

Warga mulai membersihkan sekitar rumah huniannya. (Bud)