Catat, Daerah Ini Paling Tinggi Konsumsi BBM Saat Libur Cuti Bersama Kemarin

Operator SPBU
Operator SPBU tengah melayani konsumen yang membeli BBM nonsubsidi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Momentum libur cuti bersama berbarengan dengan Hari Raya Nyepi dan sebelum masuk bulan Ramadan, banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata utamanya.

Terbukti, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada periode 9-12 Maret 2024 kemarin mengalami peningkatan dibanding hari biasanya.

Bahkan, di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta terjadi peningkatan konsumsi BBM untuk jenis Pertamax mengalami peningkatan hingga 10 persen.

Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengatakan momentum libur panjang periode 9-12 Maret 2024, terjadi kenaikan konsumsi BBM hingga 10 persen di wilayah Jateng-DIY untuk jenis Pertamax. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Menurut Marthia, peningkatan konsumsi BBM tertinggi terjadi di 9 Maret 2024 dengan total volume Pertamax naik hingga 10 persen dibanding rerata harian Februari 2024.

Realisasi tertinggi berada di Kabupaten Batang yang mengalami kenaikan sebesar 56 persen, kemudian disusul Kota Pekalongan dengan kenaikan 39 persen dan Kota Salatiga naik 26 persen.

“Stok di SPBU dapat kami pantau secara real time melalui sistem Command Center kami, dan kami terus memastikan para wisatawan dan masyarakat yang sedang berlibur dapat terlayani dengan baik,” kata Marthia.

Lebih lanjut Marthia menjelaskan, selain BBM jenis Pertamax selama masa libur cuti bersama kemarin itu konsumsi elpiji jenis BrightGas juga mengalami peningkatan.

Penjualan BrightGas selama periode 9-12 Maret, naik hingga 11 persen dibandingkan rerata harian di periode Februari 2024

Marthia menjelaskan, konsumsi elpiji BrightGas tertinggi di wilayah Jateng terjadi di Kabupaten Wonogiri dan Blora serta Boyolali.

Sementara untuk di wilayah DIY, konsumsi BrightGas tertinggi adalah Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta serta Kabupaten Bantul.

“Guna memastikan layanan tetap optimal di saat libur Lebaran nanti, kami akan membuat satuan tugas atau Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 di akhir Maret atau sekitar dua minggu sebelum Lebaran. Apabila masyarakat membutuhkan informasi serta layanan dari Pertamina Patra Niaga, masyarakat dapat memanfaatkan layanan pelanggan Channel Pertamina Call Center 135,” pungkasnya. (Bud)