Disporapar Jateng Geber Promosi Pariwisata Tahun Ini

Salah satu atraksi wisata di acara Grebeg Sudira Surakarta.

Semarang, Idola 92,6 FM-Disporapar Jawa Tengah akan terus menggencarkan promosi pariwisata, dengan menonjolkan atraksi wisata maupun obyek wisata unggulan agar ramai didatangi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bahkan, Disporapar Jateng juga akan menggelar travel fair untuk menarik minat wisatawan datang ke provinsi ini.

Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi mengatakan pada tahun ini, pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 60 juta orang. Hal itu dikatakan saat ditemui di Gradhika Bhakti Praja, Jumat (26/1).

Agung menjelaskan, jumlah itu lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 48 juta wisatawan datang berkunjung ke Jateng.

Oleh karena itu, guna mencapai target yang telah ditetapkan pihaknya gencar melakukan promosi pariwisata melalui digital marketing dengan pembuatan konten-konten pariwisata.

Menurut Agung, konten-konten pariwisata yang dibuat menampilkan sejumlah atraksi pariwisata maupun obyek wisata unggulan di Jateng.

Salah satunya adalah Grebeg Sudira yang digelar di akhir Januari 2024 di Kelurahan Sudiroprajan di Kecamatan Jebres Kota Surakarta.

“Kalau Grebeg Sudira lebih menampilkan budaya lokal, dan menampilkan kearifan lokal masyarakat di sana. Itu menampilkan beberapa kayak festival. Masing-masing kelompok itu menampilkan tarian, menampilkan kulinernya. Semata-mata menampilkan potensi yang ada di desa itu,” kata Agung.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, Grebeg Sudira menjadi daya tarik wisata tersendiri dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kota Surakarta.

Grebeg Sudira juga telah masuk di kalender event Disporapar Jateng, dan mampu menyedot jumlah wisatawan yang cukup banyak.

“Se-Jawa Tengah ada ratusan event pariwisata yang digelar tiap tahunnya. Obyek wisata yang saat ini viral dan tren juga kita terus garap, agar tetap diminati wisatawan,” pungkasnya. (Bud)