Kapolda: 3 Kapolres di Ruas Fungsional Tol Solo-Yogya Harus Kendalikan Bangkitan Arus Mudik

Tol Solo-Yogya
Rombongan Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memeriksa jalur fungsional tol Solo-Yogya.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah terus melakukan pemeriksaan dan monitoring, terkait kesiapan fungsional tol Solo-Yogya yang nantinya akan digunakan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Saat ini, kesiapannya sudah mencapai 85 persen dan siap dilalui para pemudik.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan sebelum masuk masa arus mudik Lebaran, pihaknya kembali melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan fungsional tol Solo-Yogya. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Mapolda, Senin (1/4) malam.

Menurut kapolda, pengecekan dilakukan terkait kondisi jalan dan kesiapan pintu gerbang tol maupun petugas serta kepadatan kendaraan yang melintas.

Dalam pengecekan tersebut, tol Solo-Yogya siap untuk digunakan saat arus mudik Lebaran 2024.

Kapolda menjelaskan, ruas tol Solo-Yogya itu akan melintasi tiga wilayah hukum polres yaitu Polres Karanganyar dan Polres Boyolali serta Polres Klaten.

Oleh karena itu, ketiga kapolres yang wilayahnya dilintasi tol Solo-Yogya untuk bisa melakukan pengamanan dan antisipasi apabila terjadi kepadatan di ruas fungsional tol Solo-Yogya.

“Prinsip jalur fungsional tetap kita gunakan dengan menggunakan skala prioritas kepadatan arus. Nanti teknis dikendalikan kapolres Karanganyar sebagai pintu masuknya, dan bottle neck ada di Polres Klaten di daerah Ngawen. Jadi tiga kapolres selalu koordinasi, ada Karanganyar dan Klaten sama Boyolali,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda meminta kepada para pemudik yang melintas di ruas fungsional tol Solo-Yogya untuk berhati-hati saat berkendara.

Sebab, tol fungsional sepajang 22 kilometer itu masih tahap kontruksi dan belum dilengkapi rambu maupun kelengkapan lainnya.

“Jalur tol secara fungsional dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, yaitu 40-50 kilometer per jam karena masih dalam tahap konstruksi,” tandasnya. (Bud)