Mengantisipasi Semakin Meningkatnya Kasus DBD, Apa Upaya Promotif dan Preventif yang Mesti Dilakukan?

Ilustrasi
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Demam berdarah dengue (DBD) menyerang ribuan orang di seluruh wilayah Jawa Tengah pada Januari 2024. Sedikitnya 34 orang dilaporkan meninggal akibat penyakit tersebut. Untuk menekan jumlah DBD, pemberantasan sarang nyamuk saat ini terus digencarkan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, jumlah penderita DBD di Jateng sebanyak 1.010 kasus per Januari 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 34 orang meninggal dunia.

Jika dibandingkan data pada Desember 2023, jumlah penderita dan jumlah kematian akibat DBD pada Januari 2024 naik hingga lebih dari dua kali lipat. Pada Desember 2023, jumlah kasus DBD di Jateng sebanyak 404 orang dengan jumlah penderita meninggal sebanyak 13 orang.

Lalu, untuk meningkatkan kewaspadaan atas kasus DBD: Apa upaya promotif dan preventif yang mesti dilakukan? Sejauh ini, apa tantangan dalam upaya menanggulangi kasus DBD di daerah?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dr Irma Makiah. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: