Tanggul Jebol Sungai Wulan Demak Berhasil Ditutup

Tanggul Sungai Wulan Demak
Tanggul Sungai Wulan yang jebol telah berhasil ditutup. (Photo/Istimewa)

Semarang, Idola 92,6 FM-Tanggul di Sungai Wulan di Kabupaten Demak yang jebol, saat ini sudah berhasil ditutup dan dilakukan penguatan.

Sebelumnya, terdapat empat titik tanggul Sungai Wulan yang jebol akibat tak mampu menahan debit air sungai.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan selama proses penguatan perbaikan tanggul, akan tetap dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau rekayasa cuaca. Hal itu dikatakan usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kondisi banjir di Demak, Jumat (22/3).

Menurutnya, hal tersebut sudah dikomunikasikan dengan BNPB dan BMKG.

“Saat ini sudah ditutup, dan bisa dikatakan tinggal penguatan saja. Untuk pelaksanaan rekayasa cuaca, ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggul betul-betul siap dan betul-betul diperkuat. Setelah itu baru nanti rekayasa cuacanya dicabut,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, rekayasa cuaca yang berhasil dilaksanakan beberapa hari terakhir mampu membantu mengurangi debit air di wilayah terdampak banjir.

Selain itu, penyedotan air di wilayah banjir juga dilakukan agar cepat surut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pengerjaan tanggul yang jebol dilakukan selama empat hari berturut-turut.

Hasilnya, tanggul sepanjang 16 meter yang jebol sudah berhasil tertutup.

“Kita harapkan, awan di atas juga telah dilakukan TMC, sehingga bisa digeser ke arah laut. Ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” jelas presiden. (Bud)