Tol Solo-Yogya Dibuka Fungsional, Cek Jam Bukanya

Aparat Polres Klaten
Aparat Polres Klaten saat mengecek tol Solo-Yogya yang nantinya akan digunakan secara fungsional saat Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM-Jalan tol Solo-Yogya akan dibuka fungsional pada Lebaran tahun ini, dan untuk pembangunan exit tol Ngawen sudah mencapai 54 persen sedangkan untuk exit tol Ceper sudah mencapai 90 persen.

Polda Jawa Tengah telah melakukan pengecekan secara langsung, dalam rangka kesiapan arus mudik Lebaran tahun ini.

Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan pada Lebaran tahun ini, ada perkembangan terkait panjang jalur tol yang ada di wilayah Kabupaten Klaten. Pernyataan itu dikatakan saat kegiatan bersama wartawan, pekan kemarin.

Menurutnya, ada ruas baru yang bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran dari Karanganom sampai Ngawen.

Sonny menjelaskan, jalur yang bisa dilewati masih bersifat sementara atau bersifat fungsional karena infrastruktur belum memenuhi syarat untuk menjadi permanen.

Diimbau para pemudik yang akan menggunakan tol fungsional di Klaten, agar berhati-hati dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Nanti ruas fungsional tol Solo-Yogya itu panjangnya 23 kilometer. Nanti yang menuju ke Yogyakarta itu lewat tol Colomadu, dan keluar nanti akan menambah 10 kilometer. Yang tadinya hanya sampai Karanganom 13 kilometer, nantinya keluar di Ngawen sepanjang 23,8 kilometer. Dari Ngawen sekitar 15-20 menit sudah sampai di perbatasan Yogyakarta,” kata Sonny.

Lebih lanjut Sonny menjelaskan, untuk pembukaan ruas jalan tol fungsional Solo-Yogya akan dimulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Karena di ruas jalan tol fungsional belum tersedia rambu-rambu dan median tengah masih menggunakan tolo-tolo, sehingga hanya bisa dilakukan kendaraan kecil atau mobil penumpang saja.

“Karena sifatnya masih sementara, kami imbau masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati,” tandasnya. (Bud)