Waspada Banjir, Sekda Minta Penyelenggara Pemilu Perlu Siapkan Antisipasi

Situasi banjir bandang
Situasi banjir bandang yang terjadi di Grobogan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Intensitas hujan yang terjadi pada Februari ini, mulai terjadi peningkatan dan sejumlah wilayah juga terjadi banjir. Yakni di wilayah Kabupaten Demak dan Grobogan.

Sekda Jawa Tengah Sumarno meminta kepada penyelenggara pemilu, agar menyiapkan antisipasi bila terjadi hujan dan hingga mengakibatkan banjir. Hal itu dikatakan usai kegiatan pemantapan pemilu di Pemalang, pekan kemarin.

Sumarno menjelaskan, salah satu upaya antisipasi yang perlu dilakukan adalah penyelamatan logistik pemilu dari hujan dan banjir. Selain itu, kondisi kesehatan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga harus mendapat perhatian.

“Kondisi yang ada bahwa sekarang ini hujannya luar biasa. Banjir kali ini kayaknya berbeda dengan tahun-tahun yang kemarin, karena daerah-daerah yang tadinya tidak banjir jadi banjir. Jadi mungkin antisipasi kita juga yang jadi PR KPU bagaimana menempatkan logistik, karena untuk daerah yang rawan banjir harus kita antisipasi,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memang terdampak banjir harus segera dipindah. Terutama, didekatkan di lokasi pengungsian.

“Untuk di wilayah Demak, tercatat sudah ada puluhan lokasi yang akan dibangun TPS hingga kini masih terendam banjir,” jelasnya.

Menurut Sumarno, untuk saat ini logistik pemilu dalam kondisi aman atau tidak mengalami kerusakan. Sebab, logistik belum dibawa atau belum dipindahkan ke TPS. (Bud)

Artikel sebelumnyaTanggul Jebol di Demak Terus Dilakukan Penanganan Darurat
Artikel selanjutnyaBagaimana Penggunaan Aspirasi tanpa Framing dan Mendistorsi?