Perbaikan Terminal Terboyo Mendesak

Terminal Terboyo (photo: radarsemarang)

IdolaFM, Semarang – Terminal Terboyo Kota Semarang kondisinya semakin memprihatinkan. Sarana prasarana maupun infrastruktur penunjangnya dinilai sudah tidak memenuhi standar kelayakan terminal. Selama ini terminal sering terkena limpasan rob, dan aspal mengelupas di beberapa sudut. Penataan pedagang terminal yang tidak teratur juga membuat kondisi terminal induk tersebut terlihat semakin kumuh.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang Agus Harmunanto mengakui kondisi Terminal Terboyo saat ini memang sangat memprihatinkan. Pada tahun ini Pemkot Semarang sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk perbaikannya. Namun proses perbaikan sementara ini tertunda dengan aturan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014. Isinya, isinya perbaikan terminal tipe A seperti Terboyo ini merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat.

Agus berharap, pemerintah pusat serius dan segera melakukan perbaikan sebab sudah hampir 32 tahun terminal terboyo tidak tersentuh perbaikan infrastruktur di dalamnya. Sehingga, saat ini kondisinya semakin tidak representatif untuk aktivitas transit penumpang antar kota antar provinsi yang memanfaatkan moda transportasi darat.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam kunjungan kerjanya ke Semarang beberapa waktu lalu juga menilai, saat ini kondisi terminal Terboyo sangat buruk. Oleh karena itu, ke depan akan ada perbaikan untuk terminal tipe A itu.

“Namun, perbaikan terminal tipe A baru bisa dilakukan pemerintah pusat tahun 2016 atau 2017 mendatang sesuai dengan undang-undang no 23 tahun 2014 bahwa pengelolaan termnal tipe A akan dikembalikan ke pemerintah pusat,” ujar Jonan.

Mantan Dirut PT KAI itu menambahkan, jumlah keseluruhan terminal tipe A yang ada di Indonesia sebanyak 140. Dengan jumlah yang sedikit itu, ia menargetkan dalam kurun waktu 2 atau 3 tahun semua terminal tipe A di berbagai daerah sudah semakin baik. “Selain itu, perbaikan juga akan mengarah pada segi pelayanan dari masing-masing terminal.”

Perbaikan sarana prasarana serta infrastruktur terminal tipe A, Terboyo Semarang sudah sangat mendesak sebab kondisinya sudah semakin kumuh dan tidak nyaman untuk para calon penumpang. Dengan perbaikan yang memadai, diharapkan terminal bisa lebih nyaman dan aman sehingga mendorong banyak orang menggunakan moda transportasi massal ketimbang kendaraan pribadi. (Arif Nugroho / Heri CS)

Artikel sebelumnyaTiga Pasangan Bersaing Dalam Pilwakot Semarang
Artikel selanjutnyaMenjadi Sukses Berarti, Keluar Dari Zona Nyaman Untuk Aktualisasi Diri