Apindo Minta Rute Kapal Tanjung Emas-Amerika

Frans Kongi. (Photo: Radio Idola Semarang)

Semarang, Idola 92.6 FM – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah berharap PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang membuka rute pelayaran ke Amerika Serikat tanpa harus terlebih dahulu transit di Singapura.

“Kami akan menggunakan Tanjung Emas dari pada pelabuhan lain. Namun nyatanya pengiriman barang kemanapun saat ini harus melalui Singapura, jadi kalau kita ekspor barang pasti singgah di Singapura. Nah ini yang kita harapkan kedepannya ada kapal dari Tanjung Emas yang langsung menuju Amerika,” kata Ketua Apindo Jateng Frans Kongi di Semarang, Rabu (29/9).

Frans menceritakan pihaknya pernah mengekspor barang seberat 500 ton. Namun tidak melalui Pelabuhan Tanjung Emas, dan dirinya diarahkan harus mengirimkan melalui Tanjung Perak Surabaya.

Meski demikian, pihaknya menjanjikan terus mendorong anggota Apindo untuk sepakat melakukan pengiriman barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas yang sedang dikembangkan menjadi pelabuhan modern di Indonesia.

“Akan didorong, nanti 90 persen pengusaha akan pakai Tanjung Emas,” umbarnya.

Ketika, lanjutnya, semua pengusaha khususnya di Jawa Tengah mengirim barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas maka diharapkan akan ada kapal yang siap bersandar untuk mengangkut barang.

Kondisi tersebut sebenarnya akan menguntungkan bagi pengusaha karena lebih hemat biaya dengan tidak perlu jauh-jauh mengirim barang melalui pelabuhan lain seperti Tanjung Perak dan Tanjung Priok. (Budi A/Diaz a/Heri CS)

Artikel sebelumnya‘Twitter Kemala’ Fasilitasi Keaktifan Masyarakat Komplain Infrastruktur Jateng
Artikel selanjutnyaGanjar: Tanjung Emas Harus Jadi Poros Maritim