‘Twitter Kemala’ Fasilitasi Keaktifan Masyarakat Komplain Infrastruktur Jateng

Perwakilan Twitter Indonesia menyampaikan lima keluhan utama warga Jateng melalui tweet, Rabu (28/9/2016). (photo: kompas)

Semarang, Idola 92.6 FM – Situs jejaring sosial Twitter menggarap proyek percontohan ‘Twitter Kemala’ atau Kelola Melantas Masyarakat untuk percepatam kemudahan masyarakat berinteraksi mengenai komplain yang akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Manager Partnership Twitter Indonesia Teguh Wicaksono di Semarang, Rabu (28/9) mengatakan, terdapat sekitar 22 ribuan kicauan twit teruntuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Serta dalam sebulan sebulan terakhir terdapat 471 ribuan kicauan yang berisi keluhan akan infrastruktur di Jawa Tengah. Sementara akun twitter Gubernur Ganjar dilihat oleh 10,1 juta reviewer setiap bulannya.

“Jawa tengah menjadi yang pertama untuk Twitter Kemala. Masyarakat bisa mention ke (Pak Ganjar, red) tapi laporan twit akan dihubungkan ke departement yang bersangkutan untuk dijawab,” ujarnya di Semarang, Rabu (29/9).

Ditambahkannya, Kota Semarang, Surakarta, dan Kab Kudus menjadi wilayah dengan masyarakat yang cukup aktif memposting twit tentang keluhan terhadap Pemprov Jateng.

Sementara itu, Country Business Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong menambahkan, dengan program Twitter Kemala itu diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan, usulan, atau pertanyaan langsung kepada Pemprov Jateng melalui Twitter.

Selain memperlancar jaringan komunikasi, proyek Twitter Kemala ini juga bisa mengukur masalah apa saja yang dikeluhkan seperti infrastruktur dan lainnya. Seberapa cepat tanggapan dari pemerintah juga bisa diukur. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMusthofa: Jadi Bupati Seperti Outsourching
Artikel selanjutnyaApindo Minta Rute Kapal Tanjung Emas-Amerika