Bappeda Petakan 13 Ribu Usulan Musrenbang

Urip Sihabudin. (photo: radarsemarang.com)

Semarang, idola 92.6 FM – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Tengah memetakan 13 ribu usulan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Sebanyak 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah sebelumnya telah melaksanakan musrenbang. Dari data tercatat ada 13 ribu lebih usulan dari masing-masing kabupaten dan kota dengan total anggaran mencapai Rp 23 triliun lebih.

Kepala Bappeda Jawa Tengah, Urip Sihabudin di Semarang, Rabu (20/4) mengatakan, dari 13 ribu lebih usulan dari musrenbang saat ini tengah dilakukan pemilahan sesuai keinginan masing-masing daerah.

“Sekarang sedang dilakukan pemilihan sesuai koridor masing-masing,” tandasnya.

Dia menjelaskan, Jika dari hasil pemilahan masuk wilayah pemerintah pusat maka akan dilimpahkan kepada pemerintah pusat pula. Demikian juga sebaliknya jika masuk wilayah Pemerintah Provinsi maka diarahkan ke Provinsi atau Pemerintah kabupaten dan kota.

Dari 13 ribuan usulan dari musrenbang itu, lanjutnya, yang masuk kategori belanja langsung mencapai Rp 6-7 triliun.

“Untuk belanja langsung, bisa diambilkan dari pos anggaran SKPD. Sementara, kalau yang tidak langsung akan diusulkan dibiayai melalui bantuan keuangan,” paparnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dengan jumlah usulan mencapai 13 ribu dan nilainya sebesar Rp 23 tiliun maka tidak mungkin semuanya akan dipenuhi. Sehingga usulan yang berkaitan dengan pembangunan fisik dan non fisik akan dilakukan dengan skala prioritas terlebih dahulu. (Budi Aris/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMusrenbang Dikhawatirkan Dimasuki Konflik Kepentingan
Artikel selanjutnyaKartini Kekinian, Membangun Bangsa Yang Berkarakter